APLIKASI BUKU DIGITAL BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS ANDROID MOBILE PADA PERPUSTAKAAN BPPKI SURABAYA BADAN LITBANG KEMENTERIAN KOMINFO

Authors

  • Adithya Marhaendra Kusuma STT-PLN, Jakarta
  • Efy Yosrita STT-PLN, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v5i2.842

Keywords:

Perpustakaan, Aplikasi Buku Digital, Model Water Falls

Abstract

Kurang optimalnya penggunaan fasilitas perpustakaan bagi karyawan BPPKI dan perkembangan informasi teknologi yang ada, memunculkan kebutuhan akan adanya media alternatif yang memungkinkan karyawan BPPKI dapat mengakses dan membaca dengan cara yang sesuai dengan teknologi yang tersedia. Aplikasi buku digital dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat menjawab kebutuhan tersebut. Aplikasi buku digital ini terdiri dari 2 bagian, dimanabagian pertama didisain bagi admin untuk mengatur dan mengawasi penggunaan aplikasi dan bagian kedua ditujukan bagi pengguna aplikasi. Model pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi buku digital adalah metode Water fall, yang dengan tahapan modeling, software requirement analysis, design, coding, dan testing. Aplikasi ini dibuat menggunakan PHP, Android Studio, dan notepad. Hasil dari penelitian ini diuji dalam pengujian blackbox setelah menggunakan aplikasi yang menyimpulkan bahwa aplikasi ini dapat menjadi alternatif bagi karyawan BPPKI untuk mengakses dan membaca buku dengan mudah.

References

Adi, N. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP

(Unified Software Developing Process). Yogyakarta: Andi.

Budiantoro, Heru. (2016, April 11). Personal Interview.

Constantianus, F., & Suteja, B. R. (2005). Analisa dan Desain Sistem Bimbingan Tugas Akhir Berbasis Web. Jurnal Informatika UKM, 93-105.

Ginting, G. L. (2013). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Cascading Style Sheets dengan Metode Computer Based Intruction. Pelita Informatika Budi Darma, 15-22.

Ilmi, Hanna Zahrotul. (2015). Sistem informasi pengarsipan surat masuk berbasis web (studi kasus: balai pengkajian dan pengembangan komunikasi dan informatika surabaya ). Maret 28, 2016. HANDBOOK PRAKTIK INDUSTRI

Jogiyanto. (2005). Analisis dan Desain. Yogyakarta: Andi.

Murtiwiyati., Glenn Lauren. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, Volume 12 Nomor : 2, Desember 2013 ISSN : 1412-9434

Oktiana., Gian Dwi. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android.

Perdana, Dian Mahendra Bromantya. (2013). Pengembangan Buku Digital Interaktif (Budin) Berbasis Adobe Creative Suite Pada Materi Genetika di SMK. Diambil kembali dari LIB UNNES: http://lib.unnes.ac.id/18853/

Pusat Bahasa. (2016, Juli 22). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diambil kembali dari KBBI Daring:

http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/index.php

Santoso, D. (2012). Kewajiban Penerbitan Terbitan Berkala Ilmiah Secara Elektronik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Sutjiadi, R. (2009, Mei 19). Unified Software Development Process (USDP). Diambil kembali dari Raymond Sutiadji's Blog: https://raymondsutjiadi.wordpress.com/2009/05/19/unified-software-development-process-usdp/

Zuliarso., Eri., & Herny Februariyanti. (2014). Sistem Informasi Perpustakaan Buku Elektronik Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume 18, No.1, Januari 2013: 46-54

Downloads

Published

2017-01-04

Issue

Section

Artikel