PENGARUH MOTIVASI PADA AKSEPTABILITAS BRILIAN MENGGUNAKAN UTAUT MODEL

Authors

  • Sri Suhandiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
  • Ayuningtyas Ayuningtyas Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v5i3.850

Keywords:

Brilian, Motivasi, UTAUT

Abstract

Motivasi merupakan energi dalam diri seseorang yang digunakan untuk mencapai tujuan. Kemauan menggunakan teknologi untuk membantu belajar juga membutuhkan motivasi. Penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan motivasi dalam model UTAUT dan pengaruhnya pada akseptabilitas penggunaan Brilian serta menguji pengaruh gender pada minat pemanfaatan dan perilaku penggunaan Brilian. Penelitian dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 291 orang mahasiswa jurusan sistem informasi Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya dan diuji menggunakan path analysis. Hasil penelitian menyatakan bahwa model UTAUT menunjukkan adanya keterkaitan antara motivasi dan akseptabilitas Brilian. Motivasi (intrinsic dan ekstrinsik) dinyatakan memiliki keterkaitan yang signifikan dan berpengaruh secara positif terhadap perilaku penggunaan Brilian sedangkan faktor gender tidak mempengaruhi akseptabilitas Brilian.

References

Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bakar, Azlina Abu., Razak, Fahmi Zaidi Abdul., Abdullah, Wan Salihin Wong. 2013. Assessing the Effects of UTAUT and Self-Determination Predictor on Students Continuance Intention to Use Student Portal. World Applied Sciences Journal 21 (10): 1484-1489,

Fry, Heather., Ketteridge, Steve., Marshall, Stephanie. 2013. Handbook Teaching and Learning. Riau: Zanafa Publishing

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariat dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah, B. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hair, J. F.Jr.et.al. 2010. Multivariate Data Analysis. 7 th edition. N. J : Prentice Hall

Heijden, H. 2004. User Acceptance of Hedonic Information Systems. MIS Quarterly, 695, 704.

Kechine, et al. 2014. UTAUT model for blended learning: the role of gender and age in the intention to use webinars. Interdisciplinary Journal of E-Learning and Learning Objects, 10, 33-52

Lee, Mattheo K.O., Cheung, Cristy M.K., Chen, Zhahoi. 2005. Acceptance of Internet-Based Learning Medium: the Role of Extrinsic and Intrinsic Motivation. Information & Management, 42: 1095-1104

McCombs, J. (2012). A Path Analysis of the Behavioral Intention of Secondary Teachers to Integrate Technology. In P. Resta (Ed.), Proceedings of Society for Information Technology & Teacher Education International Conference 2012 (pp. 3392-3399)

Park, S. Y. 2009. An Analysis of the Technology Acceptance Model in Understanding University Students' Behavioral Intention to Use e-Learning. Educational Technology & Society, 12 (3), 150–162

Retherford, R. D., and M. K. Choe. 1993. Statistical Models for Causal Analysis. New York: John Wiley.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sunyoto, D. 2011. Riset Bisnis dengan Analisis Jalur SPSS. Yogya: Gava Media

Suliyanto. 2005. Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor : Ghalia Indonesia

Tan, Paul Juinn Bing. 2013. Applying the UTAUT to Understand Factors Affecting the Use of English E-Learning Websites in Taiwan. (http://sgo.sagepub.com/content/3/4/2158244013503837.full-text.pdf+html. DOI: 10.1177/2158244013503837, diunduh 24 Maret 2015)

Usman, Husaini. 2013. Manajemen, Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., and Davis, F. D. 2003. “User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View,” MIS Quarterly (27:3), pp. 425-478

Downloads

Published

2017-01-04

Issue

Section

Artikel