KECENDERUNGAN CALON ANGGOTA LEGESLATIF MEMANFAATKAN MEDIA SURAT KABAR DALAM KAMPANYE PEMILU 2014

Authors

  • Baharuddin Dollah Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v5i3.853

Keywords:

Calon anggota legeslatif, kampanye pemilu

Abstract

Kampanye merupakan hal yang penting di dalam sebuah proses pemilihan umum, karena dalam kampanye partai politik dan calon anggota legeslatif mengenalkan program, visi dan misinya. Salah satu strategi dilakukan oleh para caleg adalah berkampanye melalui media cetak surat kabar. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan kecenderungan Calon Anggota Legeslatif (Caleg) memanfaatkan media surat kabar, dalam pelaksanaan kampanye Pemilu 2014. Tipe penelitain ini adalah content analysis. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh pemberitaan Surat Kabar Fajar dan Tribun Timur yang terbit dari bulan Januari sampai dengan tanggal 5 Mei 2014, yang memuat pemberitaan masalah kampanye pemilu yang dilakukan oleh para caleg dari semua partai peserta pemilu tahun 2014 yang diekspos melalui surat kabar tersebut, sebanyak 76 pemberitaan. Data primer penelitian ini dikumpulkan dengan cara mendokumentasi seluruh pemberitaan sekitar pelaksanaan kampanye oleh para caleg. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para caleg dalam memanfaatkan surat kabar masih rendah, dan belum siap akan program-program dan visi misinya masing-masing. Pemanfaatan media surat kabar baru dimanfaatkan oleh caleg yang bermodal besar, keluarga pejabat, pengusaha. Faktor modal yang menjadi kendala bagi sebagian besar caleg untuk memanfaatkan surat kabar dalam berkampanye. Model kampanye yang disampaikan berupa photo diri caleg, nomor urut pencalonannya, dan asal partai yang mengusungnya.

References

Cangara, Hafied. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi, Jakarta PT Raja Graindo Persada.

Cangara, Hafied. (2009). Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta, PT. RajaGrafindo Persada.

Cangara, Hafied. Komunikasi Politik, Konsep, Teori, dan Strategi, Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi, Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya, Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Hamidi. (2007). Metode Penelitian dan Teori Komunikasi, UPT, Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.

Mulyana, Deddy. (2003). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya

Kriyantono, Rachmat. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta, Kencana Predana Media Group

Pawito, (2008). Penelitian Komunikasi Kualitatif, Yogyakarta, PT LKIS Aksara

Sugiyono, (1999), Statistika untuk Penelitian, Bandung, CV Alfabeta.

Juditha, Christiany. (2014). Penilaian Masyarakat Sulawesi Selatan Terhadap Kredibilitas Komunikator Politik Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2014, Pekommas Vol 17 No. 3 Desember 2014.

Majid, Abd, (2011). Analisis Opini Pemilih Pemula Terhadap Iklan Politik Pada Pemilihan Walikota Makassar 2008, Jurnal Pekommas Vol 14 Nomor 1 April 2011.

Kaiyum. (2014). Sindrom Nyaleg dan Ilusi Kekuasaan, sk Fajar, tanggal 9 April (Opini) http://handpage.blogspot.co.id/p/pengertian-visi-dan-misi.html.

(http//www.apapengertianahli.com/2014/10/pengertian-visi-misi-apa-itu-visi-misi/html).

Peraturan KPU No. 15 Tahun 2013.

Surat kabar harian Fajar , bulan Januari – 5 April 2014

Surat kabar harian Tribun Timur, bulan Januari – 5 April 2014

Downloads

Published

2017-01-04

Issue

Section

Artikel