PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK KINERJA OPTIMAL BERBASIS PENDEKATAN SISTEM DINAMIK
Abstract
Pengembangan sumber daya manusia yang diarahkan untuk mencapai kinerja yang optimal dapat dilakukan melalui pendekatan sistem dinamik. Pendekatan sistem dinamik dapat menjadi alat pendukung pengambilan keputusan praktis yang memungkinkan dapat menguji berbagai skenario formulasi kebijakan. Tulisan ini dibuat bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen sumber daya manusia yang menggunakan analisis secara tekstual, kontennya diperoleh dari buku, jurnal yang berhubungan dengan subjek tema pengembangan sumber daya manusia. Dalam rangka mengembangkan argumentasi, analisis merujuk kepada beberapa kajian untuk diperlakukan sebagai bukti. Ada empat hal yang menjadi kompetensi, yaitu pengalaman, kompetensi teknis, kompetensi perilaku, dan kepribadian yang dianggap sebagai pusat dan sumber kinerja dan mempengaruhi seluruh faktor-faktor yang lain. Namun keempat hal tersebut, sebenarnya masih ada faktor lain lagi yang harus diketahui, yakni kompetensi institusional yang didalamnya mencakup nilai organisasi khas, sehingga mempunyai dampak dan dapat mempengaruhi kinerja seseorang. Pendekatan sistem dinamik dapat mengkombinasikan antara teori, metode, dan filosofi dalam menganalisa perilaku sebuah sistem yang bersifat dinamis yang mempresentasikan pengembangan sumber daya manusia untuk kinerja lebih optimal.
Kata Kunci: Kinerja Optimal; SDM Unggul; Sistem Dinamik
References
Chukwuma, Maduka, Edwin, Okafor, & Obiefuma, D.(20014). Effect of motivation on employee
Productivity : A study of manufacturing Comanies in Nnewi. International Journal of managerial Studies and Research, 137-147.
Iqbal, A.,Ijaz, M., Latif, F, & Mushtaq, H. (2015). Factors Affecting The Employee’s
Performance: A Case Study Of Banking Sector In Pakistan. European Journal of Business and SocialSciences, 309-318.
Khan, Hussain, A., Aleem, & Muhammad. (2014). Impact of satisfaction on employee
turnover: An emirical study of Autonomous Medical Institution of Pakistan. Journal of
International Studies, 122-132.
Kominfo. (2013). Buku Putih 2013. Jakarta: Badan Litbang SDM.
Latif, & Shahzad, M. (2013) Impact ofemployees Job Satisfaction on organizational Performance.
European Journal of Business and Management, 166-171.
Mashood, & Ayesha. (2014). Factors Affecting Employee Satisfaction of Public and private sector organization of Pakistan. International of Human Resources Studies, 97-121.
Mulyadi, Johny Setiawan, 2001, Sistem Perancanaan dan Pengendalian Manajemen, Edisi Kedua, Salemba Empat, Jakarta.
Parvin, & Mahmuda, M. (2011). Factors Affecting Employee Satisfaction of Pharceutecal Sector. Australian Journal of Business and Management Research, 113-123.
Rania, Shakthivel,Kamalanabhan& Selvarina (2011). Work/Life balance Reflection on Employees Satisfaction. Serbian Journal of Management, 85-96.
Rivai, Veithzal, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan Edisi Kedua Dari Teori Ke Praktek, Rajawali Pers, Jakarta.
Sageer, Alam, Rafat, Sameena, D., Agarwal, & Puja, M. (2012). Identification of variables Affecting Employees Satisfaction. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 32-39.
Sastrohadiwiryo, Siswanto, 2005, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrasi dan Operasional, Bumi Aksara, Jakarta.
Shmailan, & Bin, A. S. (2016). The relationship between job saticfaction , jon performance and employee engagement. Issues in Business Management and Economics, 1-8.
Siregar, Khawarita, 2004, Assessment Center, e- USU Repository, SumateraUtara.
Sterman, J.D., Business Dynamics System Thinking and Modeling for a complex World. London:
Mc Graw Hill (2000).
Vosloban, R. I. (2012). The Influence of the Employee’s Performance on the company’s growth – a
managerial perspective. Procedia Economic and Finance journal, 660-665.