PRAKTIK SOSIALISASI KEBIJAKAN PUBLIK PADA ERA DIGITAL
Abstract
Artikel ini meninjau Praktik Sosialisasi Kebijakan Publik pada Era Digital yang difokuskan sebagai proses komunikasi menyebarkan informasi program-program pembangunan kepada sasaran khalayak luas,terutama target sasaran generasi milenial. Makin luasnya pemanfaatan media baru dari Internet, sebagai proses komunikasi,dengan tersedianya platform media sosial (social media), telah memungkinkan proses komunikasi berlangsung dengan cepat, luas jangkauannya dan seketika. Banyak kanal yang disediakan dalam media sosial yang dapat dimanfaatkan namun dalam kenyataannya hanya beberapa kanal yang disukai oleh generasi milenial. Analisis dilakukan secara deskriptif kualitatif berdasarkan sumber-sumber literatur terkait. Tujuan artikel ini untuk memberikan pemahaman terhadap pentingnya peran sosialisasi dari kebijakan publik yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman sehingga masyarakat dapat turut berpartisipasi dalam program-program pembangunan.
Kata Kunci: sosialisasi, kebijakan publik, generasi milenial