TINJAUAN PEMIKIRAN ELIHU KATZ: MEDIA, TEKNOLOGI, DAN EFEK

Penulis

  • Muh. Bahruddin Universitas Dinamika

Abstrak

Elihu Katz membagi empat tradisi penelitian komunikasi yang menjelaskan efek media. Pertama, tradisi kritis yang menekankan kepemilikan media. Kedua, teori teknologi yang berfokus pada bagaimana media menentukan cara berpikir khalayak. Ketiga, teori isi yang melihat kemampuan media dalam mempengaruhi khalayak. Keempat, tradisi kontekstual yang berfokus pada bagaimana khalayak ditempatkan oleh media. Keempat pendekatan ini menarik Katz untuk mempelajari media massa lebih jauh. Perkembangan teknologi membuat kajian media massa semakin progresif. Tulisan ini membahas bagaimana Katz memetakan efek media yang didasarkan pada tradisi dan bagaimana keterlibatan teknologi komunikasi mengubah banyak konsep dan efek media massa hari ini.

Referensi

Camp, J. and Chien, Y. (2000). The internet as public space: Concepts, issues, and implications in public policy. ACM SIGCAS Computers and Society, 30(3), 13–19.

Castels, M. (1996). The rise of network society. In The Information Age Economy, Society, and Culture. Oxford, UK: Blackwell Publishers.

Freidson, E. (1953). The relation of the social situation of contact to the media in mass communication. Public Opinion Quarterly, 17, 230–238.

Gerbner, G., & Gross, L. (1976). Living with television: The violence profile. Journal of Communication, 26, 172–199.

Horkheimer, M., & Adorno, T. (2002). The culture industry: Enlightenment as mass deception. In In G. Noerr (Ed.), Dialectic of enlightenment: philosophical fragments (pp. 94–136). Stanford, CA: Stanford University Press.

Innis, H. (1950). Empire and communications. Oxford, UK: Oxford University Press.

Katz, E. (2001). Ownership, technology, content, and context in the continuing search for media effects. In Charles T. Salmon (Ed.), Communication Year Book 35 (pp. 3–11). New York and London: Routledge.

Lechte, J. (1994). Fifty key contemporary thinkers. London: Routledge.

Lowenthal, L. (1961). The triumph of mass idols. In L. Lowenthal (Ed.), Literature, popular culture and society (pp. 109–140). Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

McLuhan, M. (1964). Understanding media: The extensions of man. New York: McGraw-Hill.

Monge, P. R. and N. S. C. (2003). Theories of communiation networks. Oxford, UK: Oxford University Press.

Pacey, A. (2000). The Culture of Technology (Ninth Prin). Cambridge, Massachusetts: The MIT Press.

Pertiwi, W. K. (2021). Pengguna internet Indonesia tembus 200 juta hampir semua online dari ponsel. Retrieved June 16, 2021, from kompas.com website: https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/07020097/pengguna-internet-

Putnam, R. (1996). The strange disappearance of civic America. The American Prospect, 24, 34–48.

Samosir, H. A. (2016). Salah prediksi kemenangan Trump, Survei AS dipertanyakan. Retrieved June 16, 2021, from CNN Indonesia website: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20161109194830-134-171568/salah-prediksi-kemenangan-trump-survei-as-dipertanyakan

Van Dijk, J. (2006). The network society. London: Sage Publications.

Diterbitkan

2021-12-03