Iklan Politik, Popularitas, dan Elektabilitas Calon Presiden dan Wakil Presiden 2014

Penulis

  • Nana Suryana Balai Pengkajian dan pengembangan Komunikasi dan Informatika Bandung

Abstrak

Iklan politik melalui televisi sebagai sarana untuk mempromosikan figur dan performa capres/cawapres. Secara tidak langsung menawarkan program kerja, misi, visi, dan janji politik lainnya. Tujuannya untuk memperoleh citra, popularitas, dan elektabilitas. Hal ini merupakan bagian dinamika politik yang layak untuk dibahas/dikaji. Hasilnya, menunjukkan bahwa iklan politik bisa berdampak positif atau negatif terhadap masyarakat, tergantung dari frekuensi penayangan atau terpaan medianya, kualitas dan kuantitas iklan dalam menyampaikan pesan-pesan politiknya, serta sikap dan apresiasi politik. Iklan politik berpengaruh terhadap efek kognitif. Jika popularitas bisa diraih lewat iklan politik, maka dengan bermodalkan popularitas akan memperoleh elektabilitas, anggapan seperti ini dapat dibenarkan karena memang peluangnya besar tapi tidak mutlak. Sedangkan bagi parpol yang belum memiliki/mengusung capres/cawapres 2014, para elit partainya melakukan pencarian secara intensif dengan cara manuver politik, lobi-lobi politik, rencana koalisi, konvensi, dan “blusukan”.

Referensi

Buku :

Arifin, Anwar (2006). Pencitraan dalam Politik: Strategi Pemenangan Pemilu Dalam Perspektif Komunikasi Politik. Jakarta:Pustaka Indonesia.

Durianto, Darmadi, Sugiarto, Anton WW, Hendrawan S (2003). Invasi Pasar dengan iklan yang Efektif. Jakarta: PT Gramedia, Erlangga.

Liliweri, Alo .(1992). Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan. Bandung: Citra Abadi Bakti.

Aini, Nurul dan Phillipus. (2006). Sosiologi dan Politik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Surbakti, Ramlan. (1992). Memahami Ilmu Politik. Widiasarana Indonesia, PT Gramedia,

Sumber lain:

Internet:

Afdjani, Hardiono. (2012). Periklanan Politik.Tersedia dalam <http://catatan-anakfikom.blogspot.com/2012/03/periklanan-politik.html >.Diakses pada 2 September 2013] .

Fathoni, Lutvian Wildan. (2012). Dampak Iklan Politik Terhadap Hasil Pemilu.Tersedia dalam<http://wildanlf.blogspot.com/2012/05/dampak-iklan-politik-terhadap-hasil.html>diakses pada 2 September 2013.

Fhilosopheryn. (2013). Teori Sikap dan Sikap Politik. Tersedia dalam <http://blogspot.com/2013/01/teori. Diakses tanggal 14 Oktober 2013.

Mustofa, Arif C. (2009). Pengaruh Pemasangan Iklan Politik Luar Ruangan Terhadap Minat Pilih Masyarakat (studi kasus minat pilih tukang becak dikabupaten bojonegoro).Tersedia dalam <http://ariefmustofa.blogspot.com/2009/07/pengaruh-pemasangan-iklan-politik-luar.html >.diakses pada 2 September 2013.

Diana, Annur.(2013). Penentu Suatu Pilihan Popularitas atau Elektabilitas. Tersedia dalam <http://kitabasmikorupsi.blogspot.com/2013/02/penentu-suatu-pilihan-popularitas-atau-elektabilitas.html> diakses pada 3 September 2013.

Udianto.(2013).Peran Adverttisment dalam Meningkatkan Popularitas.Tersedia dalam<http://udianto.blogspot.com/2013/01/peran- advertisment-dalam-meningkatkan-20.html.

Unduhan

Diterbitkan

2013-12-24