Managemen Informasi Suatu Alternatif Ditinjau dari Perspektif Teori Efek Komunikasi Massa

Sri Wahyuningsih

Sari

Media televisi mempunyai fungsi utama mendidik, menghibur, memengaruhi. Fungsi inilah yang menjadi acuan oleh para pelaku media dan para produser untuk berlomba-lomba menarik khalayak dalam memilih channel program acara yang disajikan di televisi. Semakin banyak televisi lokal dan televisi swasta menjadi persaingan yang ketat dalam industri media. Hal ini sangat memotivasi para pelaku media dan para produser untuk semakin kreatif dalam membuat program acara di televisi dari film untuk anak hingga dewasa, sinetron, talk show, infotainment, dan program acara lainnya, tetapi yang disayangkan mereka tidak memerhatikan manajemen medianya yaitu aturan yang ada dalam KPI, P3SPSS, LSF, begitu pula dengan segmentasi, waktu, metode penyajiannya dan durasinya. Idiologi pasar seperti ini yang terjadi pada negara Indonesia. Sehingga tayangan-tayangan yang disajikan tidak menutup kemungkinan mempunyai efek negatif untuk khalayaknya. Analisis teori yang melandasinya adalah teori Efek Komunikasi Massa, Stimulus Respon, Agenda Setting, dan teori Kataris.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ardianto, Elvinaro, dkk. (2007). Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Prisgunanto, I. (2004). Praktik Ilmu Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jakarta: Teraju.

Rakmat, J. (2002). Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

Severin, JW dan James WT. (2005). Teori Komunikasi (Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa). Jakarta: Kencana.

Rivers, W L dan Jay WJ, Theodore P. (2003). Media Massa dan Masyarakat Modern. Jakarta: Kencana.

Wahyuningsih, S. (2010). Pornografi di Media Massa. Observasi , Vol. 8 No.1. Bandung. BPPKI.

Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.

UU KPI Lembaga Negara Independen, Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS), 2013.

Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1994 tentang Lembaga Sensor Film.

Ishadi. (2014). Program Acara Televisi. Tersedia dalam http://www.unisosdem.org/article_detail.php?aid=2784&coid=1&caid=34&gid=2. diakses tanggal 22 April 2014 .

Mulkan, Dede. (2007). Mau Kemana Televisi di Negeri ini. Tersedia dalam http://padekan.wordpress.com/2008/07/18/mau-ke-mana-televisi-di-negeri-ini/. diakses tanggal 24 April 2014.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.