Interelasi Perempuan dan Internet
Abstrak
Internet tidak hanya merevolusi cara perempuan dalam berinteraksi yang menembus jarak, ruang, dan waktu, tetapi ia juga hadir dengan budayanya sendiri memengaruhi watak perempuan dalam berkomunikasi. Keakraban dengan sesuatu yang alami dan nyata (real) kini telah diganti dengan keeratan dengan sesuatu yang tidak nyata, virtual, dan semu. Kealamian pun bahkan dianggap sebagai kesemuan, namun ilusi dianggap riil. Internet dianggap telah menciptakan realitas baru yang dikenal sebagai virtual reality di dalam sebuah virtual world.Fenomena interrelasi perempuan dan internet menarik untuk dicermati. Di satu sisi ada peralihan cara perempuan dalam pencarian sumber informasi, bertemu, berbicara, belajar, dan berdagang melalui internet yang mengukuhkannya sebagai subjek. Di sisi lain sosok perempuan di internet tetap menjadi objek beragam bentuk kejahatan yang dilakukan di internet (cybercrime). Pada posisinya sebagai objek perempuan masih menjadi korban kekerasan secara verbal dan visual dalam wujud pornografi (cyberporn), pelecehan seksual, penculikan, perilaku narsistik, dan sasaran budaya konsumtif.Referensi
Bungin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi, teori , paradigma dan diskursus teknologi komunikasi di masyarakat. Jakarta: Kencana.
-----. 2008. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta:Kencana.
Beck, Aaron T. dkk. (2007).Cognitive Therapy of Personality Disorder. New York & London : Guilford Press
Febrian, Jack., (2005). Menggunakan internet menjalankan berbagai aktifitas internet melalui : PC, Notebook, Handphone, dan PDA. Informatika:Bandung
Kasali, Renald. (2000). Membidik Pasar Indonesia. Jakarta:Gramedia Utama
Piliang, Yasraf Amir. (2000). Pers dalam Kontradiksi Kapitalisme Orde Baru.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rakhmat, Jalaluddin. (1996). Psikologi Komunikasi (edisi revisi). Bandung: Remadja Karya.
Ricoeur, Frank.(1995). Media Society : Industries, Images, and Audiences .California: Sage PublicationCompany.
Vivian, John. (2008). Teori Komunikasi Massa (edisi 8) , Jakarta:Kencana
Werner J. Severin, James W. Tankard.(2007). Teori Komunikasi, Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta: Kencana
Wood, Andrew F. dan Matthew J. Smith.(2005). Online Communication: Linking Technology, Identity and Culture. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Arifin. (2001).Wajah Perempuan Dalam Media Massa. Jurnal Mediator
Prakoso Bhairawa Putera, Pikiran Rakyat, edisi 21 April 2009