Interelasi Perempuan dan Internet

Penulis

  • Dedeh Fardiah Universitas Islam Bandung (UNISBA)

Abstrak

Internet tidak hanya merevolusi cara perempuan dalam berinteraksi yang menembus jarak, ruang, dan waktu, tetapi ia juga hadir dengan budayanya sendiri memengaruhi watak perempuan dalam berkomunikasi. Keakraban dengan sesuatu yang alami dan nyata (real) kini telah diganti dengan keeratan dengan sesuatu yang tidak nyata, virtual, dan semu. Kealamian pun bahkan dianggap sebagai kesemuan, namun ilusi dianggap riil. Internet dianggap telah menciptakan realitas baru yang dikenal sebagai virtual reality di dalam sebuah virtual world.Fenomena interrelasi perempuan dan internet menarik untuk dicermati. Di satu sisi ada peralihan cara perempuan dalam pencarian sumber informasi, bertemu, berbicara, belajar, dan berdagang melalui internet yang mengukuhkannya sebagai subjek. Di sisi lain sosok  perempuan di internet tetap menjadi objek beragam bentuk kejahatan yang dilakukan di internet (cybercrime). Pada posisinya sebagai objek perempuan masih menjadi korban kekerasan secara verbal dan visual dalam wujud pornografi (cyberporn), pelecehan seksual, penculikan, perilaku narsistik, dan  sasaran budaya konsumtif.

Referensi

Bungin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi, teori , paradigma dan diskursus teknologi komunikasi di masyarakat. Jakarta: Kencana.

-----. 2008. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta:Kencana.

Beck, Aaron T. dkk. (2007).Cognitive Therapy of Personality Disorder. New York & London : Guilford Press

Febrian, Jack., (2005). Menggunakan internet menjalankan berbagai aktifitas internet melalui : PC, Notebook, Handphone, dan PDA. Informatika:Bandung

Kasali, Renald. (2000). Membidik Pasar Indonesia. Jakarta:Gramedia Utama

Piliang, Yasraf Amir. (2000). Pers dalam Kontradiksi Kapitalisme Orde Baru.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rakhmat, Jalaluddin. (1996). Psikologi Komunikasi (edisi revisi). Bandung: Remadja Karya.

Ricoeur, Frank.(1995). Media Society : Industries, Images, and Audiences .California: Sage PublicationCompany.

Vivian, John. (2008). Teori Komunikasi Massa (edisi 8) , Jakarta:Kencana

Werner J. Severin, James W. Tankard.(2007). Teori Komunikasi, Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta: Kencana

Wood, Andrew F. dan Matthew J. Smith.(2005). Online Communication: Linking Technology, Identity and Culture. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Arifin. (2001).Wajah Perempuan Dalam Media Massa. Jurnal Mediator

Prakoso Bhairawa Putera, Pikiran Rakyat, edisi 21 April 2009

Unduhan