Televisi Lokal dan Konsentrasi Kepemilikan Media

Penulis

  • Wiwik Novianti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah

Abstrak

Industri media, khususnya televisi, di Indonesia berkembang sangat pesat apalagi sejak diberlakukannya UU No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Undang-Undang tersebut sebagai payung lahirnya stasiun-stasiun televisi lokal di seluruh wilayah Indonesia. Dengan mengusung semangat keragaman isi dan kepemilikan, stasiun televisi lokal tumbuh subur di Indonesia. Adanya fenomena konsentrasi kepemilikan media di Indonesia menjadi tantangan tersendiri bagi televisi lokal untuk dapat mempertahankan lokalitas dalam isi programnya. Dengan memegang komitmen terhadap nilai-nilai lokal dan ditunjang dengan kreativitas yang tinggi, televisi lokal tidak akan kehilangan penontonnya.

Referensi

Buku:

Albarran, Alan B. (2002). Management of Electronic Media. Second Edition. Wadsworth: USA.

Biagi, Shirley. (2005). Media Impact: An Introduction to Mass Media. Seventh Edition. Wadsworth: Canada.

Croteau, David and William Hoynes. (2000). Media Society: Industries, Images, and Audiences. Second Edition. Pine Forge Press: Thousand Oaks.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2012). Himpunan Peraturan Perundang-undangan di Bidang Penyiaran 2002-2006. Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika: Jakarta.

Küng, Lucy. (2008). Strategic Management in the Media: From Theory to Practice. Sage: London.

Sumber lainnya:

Prosiding:

Fardiah, Dedeh. (2012). Peluang dan Tantangan Membangun Media Penyiaran Berbasis Kearifan Lokal di Jawa Barat. Prosiding seminar Nasional Menggagas Pencitraan Berbasis Kearifan Lokal 26 September 2012, Universitas Jenderal Soedirman: Purwokerto.

Internet:

Armando, Ade. (2010). Mengapa Sistem TV Berjaringan Harus Dijalankan. Tersedia dalam <http://adearmando.wordpress.com/2010/01/29/mengapa-sistem-tv-berjaringan-harus-dijalankan/> diakses 4 April 2013.

Lim, Merlyna. (2011). @crossroads: Democratization & Corporation of Media in Indonesia. Participatory Media Lab at Arizona State University & Ford Foundation. Tersedia dalam <http://www.cspo.org/php/getfile.php?file=554&section=lib>. diakses 6 februari 2013.

Unduhan

Diterbitkan

2013-08-31