Persiapan Bandung TV dalam Siaran Digital

Penulis

  • Neti Sumiati Hasandinata Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) Bandung, Jawa Barat
  • Noneng Sumiaty Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) Bandung, Jawa Barat

Abstrak

Penelitian ini untuk mengetahui upaya televisi lokal melaksanakan digitalisasi media pada siaran televisi lokal Bandung TV. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap Pimpinan Redaksi Bandung TV dan pihak terkait lainnya sebagai data primer, dan studi literatur sebagai data sekunder. Temuan awal menunjukkan dampak positif  televisi digital di era konvergensi, bagi televisi lokal Bandung TV, yang bersinergi dengan jaringan Bali TV, Sriwijaya TV, Yogyakarta TV, dan televisi lokal lainnya di Indonesia dapat meningkatkan sinergitas jaringan dan efisiensi biaya produksi. Dengan keterbatasan jangkauan siaran, perlu memaksimalkan fungsi proksimitas dalam meraih pasar lokal dan juga pasar global.

Referensi

Buku:

Grant dan Willkinson. (2009). Understanding Media Convergence. New York: Oxford University Press.

Straubhaar, Y dan La Rose, R. (2006).Media Now: Comunications Media in The Informations Informations Age. Second Edition. Belmont: C A Wadswort.

Janskomski, Nicholas W dan Ole Phrew. (2002). Community Media In Information Age Perfectives and Prospects. Cressskill New Jersey:Hampton Press INC.

Rogers, M. Everett.(1986). Comunications Technology The New Media in Society. New York: The Free Press.

Sumber lain:

Jurnal:

Nugroho, Cahyo. (2012). Penyiaran Digital dalam Perspektif Komunikasi. Majalah Semi Popular Komunikasi Massa. Vol. 8 No. 1 Januari – Juni. hal 17-21.

Kastawa dan Hildawati. (2006). Pemanfaatan Telematika dalam Mendukung Proses Belajar Mahasiswa di Propinsi Jawa Barat. Jurnal Penelitian Komunikasi. Vol. 9 No. 2. hal 110.

Internet:

Kominfo.(2013).TV Digital. Tersedia dalam <http://www.tvdigital.kominfo.go.id/tentang-tv-digital.html>. diakses tanggal 25 April 2013.

Peraturan Perundangan:

Peraturan Menteri Kominfo no 22 tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Penyiaran Televisi Digital Teresterial Penerimaan tetap Tidak Berbayar (Migrasi Analog ke Digital).

Peraturan Menteri Kominfo no 23 tahun 2011 tentang Frekuensi digital.

Peraturan Menteri Kominfo no 5 tahun 2012 tentang Standar DVB-T2.

Unduhan

Diterbitkan

2013-08-31