Sistem Informasi Dana Kampanye Partai Politik Berbasis Web di Era Keterbukaan

Penulis

  • Nana Suryana Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) Bandung

Abstrak

Pengelolaan dana kampanye pada pemilu legislatif sebelumnya banyak sorotan, karena kesannya ditutup-tutupi, tidak objektif, dan tidak dilaporkan sejujurnya atau tidak transparan. Untuk tidak terulang lagi, pada pemilu legislatif 2014 langkah antisipasinya dengan menerapkan sistem informasi dana kampanye berbasis web atau Campaign Fund Information System Web-Based (CFISWB). Kinerja sistem ini sangat efektif, seperti proses pengolahan data (penerimaan dan pengeluaran) dana kampanye mulai dari penyimpanan/pengarsipan, penganalisisan, dan pemublikasian dapat dilakukan secara objektif, terbuka, dan jangkauan pemublikasiannya sangat luas. Sehingga penerapan CFISWB yang mendapat dukungan dari pimpinan Parpol, layak dimanfaatkan dan banyak kontribusinya, dalam mendukung kejujuran, keobjektifan, dan keterbukaan. Pengawasan pun mudah dilakukan oleh siapa saja. Kemudian dapat menutup peluang, menghindari transaksi mencurigakan dan mendeteksi segala dana ilegal (dana titipan, investasi, pinjaman) yang masuk.

Referensi

Budianto, H. & Farid, H. (2011). Ilmu Komunikasi : Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Tejoyuwono, N. (1990). Makalah Seminar Nasional Plantagama. Fakultas Pertanian UGM.

Sumantri, Sri. (1976). Sistem-Sistem Pemerintahan Negara-Negara. Bandung: Tarsito.

Sutarman. (2009). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

UU No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik

UU No. 10 tahun 2008 tentang Dana Kampanye

…............(2014).Gerindra Miliki Dana kampanye Terbesar, Galamedia, tanggal 5/3-2014.

Unduhan

Diterbitkan

2014-06-30