Makna Keterbukaan Informasi di Ruang Publik Pada Program Bedah Editorial Media Indonesia di Metro TV

Penulis

  • Lucy Pujasari Supratman Ilmu Komunikasi Telkom Economics and Business School, Telkom University

Abstrak

Editorial merupakan sikap dari sebuah media massa pada peristiwa atau wacana yang tengah berkembang di masyarakat. Format setiap editorial pada umumnya bersifat hak privat, berisi pendapat berdasarkan argumen-argumen yang merupakan sebuah kebenaran tunggal dari media massa tersebut. Berbeda halnya dengan Editorial Media Indonesia yang meneropong pada terobosan lain melalui visualiasi tajuk rencananya ke ruang publik televisi.  Program yang diangkat ke layar kaca ini bernama Bedah Editorial Media Indonesia, pada akhirnya ‘benar-benar’ membedah konten editorial koran dengan membuka segmen dialog interaktif sebagai representasi dari era keterbukaan informasi.  Program Bedah Editorial Media Indonesia yang mengusung tegas, lugas, dan jujur bersuara ini dalam dialog interaktifnya selalu berbasiskan grand teori dengan mengusung kenetralan dalam bersikap kritis dengan menyuarakan yang sebenarnya terutama ideologi tentang kebangsaan, Pancasila, empat pilar bangsa, serta nilai-nilai demokrasi pada khalayak luas.

Referensi

Alwasilah, Adeng Chaedar. (2002). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kiblat Buku Utama

Denzin, Norman K dan Yvonna, S Lincoln (editor). (1994). Handbook of Qualitative Research. London, New Delhi : Sage Publication

Koespradono, Gantyo, et al. (2010). Jujur Bersuara Proses Kreatif Penulisan Editorial Media Indonesia. Jakarta Barat: Media Indonesia Publishing

Lincoln Yvonna S. dan Egon G. Guba. (1985). Naturalistic Inquiry. Beverly Hills: Sage.

MacDougall,Curtia D.(1973).Principles of Editorial Writing. Dubuque Iowa:WM.C Brown.

Mulyana, Deddy. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

__________ dan Solatun. (2007). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya:

Tim redaksi LP3ES. (2003). Politik Editorial Media Indonesia. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia

Yin, Robert K. (2008). Studi Kasus: Desain & Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Unduhan

Diterbitkan

2014-06-30