Study of Utilization of Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) in Pinrang (Studi Pemanfaatan Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) di Kabupaten Pinrang)

Main Article Content

Rachmawaty Djaffar

Abstract

The research was to discover the utilization of PLIK by public in Kabupaten Pinrang, South Sulawesi and to find out the public responds to PLIK. It uses descriptive-quantitative methods. The research result showed that the utilization of PLIK  was relatively in high category. Some of them utilized it as learning materials and completion of school project. They accepted PLIK well. It was proven due to their utilization of it according to their want.

Penelitian ini bertujuan mengetahui pemanfaatan PLIK pada masyarakat Kabupaten Pinrang Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemanfaatan PLIK penggunaannya dalam kategori tinggi oleh masyarakat,sebagian besar masyarakat memanfaatkan PLIK untuk digunakan sebagai bahan belajar  dan penyelesaian tugas sekolah. Respon/penerimaan masyarakat  terhadap PLIK sangat besar baik dari segi penggunaan dan pemanfaatannya terbukti masyarakat  menggunakannya dan sesuai dengan tingkat kebutuhannya.

Dimensions

Article Details

How to Cite
Djaffar, R. (2013). Study of Utilization of Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) in Pinrang (Studi Pemanfaatan Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) di Kabupaten Pinrang). Jurnal Pekommas, 16(1), 13–22. https://doi.org/10.30818/jpkm.2013.1160102
Section
Communication

References

Kriyantono, Rakhmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Rakmat, Djalaluddin. 2009. Psikologi Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

_________________. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Rogers, E.M. 1986. Communication Technology : The New Media In Society. New York. The Free Press.

___________. 1995. Diffusion of Innovations. 4-th edition. New York. The Free Press.

Severin,W.J dan Tankard, J.W. 2001. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Terjemahan. Jakarta. Kencana Prenada Media.

Siregar, Ahmad, E,. 2009. Kajian dan Posisi Manajemen Media serta Peta Media di Indonesia. Makalah dipresentasikan dalam Simposium Nasional Kajian Media 2009. Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Wahid, F., dan Iswari, L,. 2007. Adopsi Teknologi Informasi Oleh Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia. Jurnal ISSN:1907-5022. Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Pusat Data Kementerian Komunikasi dan Informatika. 2010. Komunikasi dan Informatika Indonesia Whitepaper 2010. Jakarta. Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No:19/PER/M.KOMINFO/12/2010, Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No : 48/PER/M.KOMINFO/ 11/2009 Tentang Penyediaan Jasa Akses Internet pada Wilayah Universal Telekomunikasi Internet Kecamatan

www.detik.com