Kinerja Website Resmi Pemerintah Provinsi di Indonesia

Main Article Content

Firdaus Masyhur

Abstract

Website pemerintah daerah merupakan sarana komunikasi untuk menyampaikan berbagai informasi kepada masyarakat luas. Keberadaan website membantu sekaligus menutupi keterbatasan pemerintah dalam hal diseminasi berbagai informasi sehingga masyarakat tidak mengalami kesenjangan informasi. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan teknik observasi dalam pengumpulan data. Objek observasi adalah website pemerintah daerah provinsi di seluruh Indonesia berdasarkan daftar website pemerintah daerah yang diperoleh dari website Kementerian Dalam Negeri RI. Pengukuran kinerja website dilakukan dengan menggunakan alat bantu yang disediakan oleh GTMatrix. Berdasarkan hasil pengujian website pemerintah daerah diperoleh bahwa rata-rata Page Speed Grade 59% atau di grade E. Artinya kualitas website pemerintah daerah berdasarkan index yang dihasilkan Google masih sangat rendah. Rendahnya kualitas web tersebut tentu akan mempengaruhi kinerja website dan secara langsung akan mempengaruhi minat pengguna internet untuk mengunjungi website pemerintah daerah. Hal serupa juga dihasilkan oleh YSlow Grade dari Yahoo dimana rata-rata YSlow Grade 74% atau di grade C.
Dimensions

Article Details

How to Cite
Masyhur, F. (2014). Kinerja Website Resmi Pemerintah Provinsi di Indonesia. Jurnal Pekommas, 17(1), 9–14. https://doi.org/10.30818/jpkm.2014.1170102
Section
Informatics

References

Gebert, S., Pries, R., Schlosser, D., & Heck, K. (2012). Internet Access Traffic Measurement and Analysis. Traffic Monitoring and Analysis. Vienna: Springer.

Hasibuan, Z. (2007). Langkah-langkah Strategis dan Taktis Pengembangan E-Government Untuk Pemda. Jurnal Sistem Informasi MTI UI Vol 3, 66-70.

Hasibuan, Z., & Santoso, H. (2005). Standarisasi Aplikasi e-Government Untuk Instansi Pemerintah. Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia ITB (hal. 42-48). Bandung: ITB.

Inpres No.3. (2003). Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government.

Junaidi. (2011). Dukungan E-Government Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Era Otonomi Daerah : Kasus Best Practices Dari Sejumlah Daerah Di Indonesia . Proceeding Simposium Nasional Otonomi Daerah.

Moeller, M., Cicaterri, C., Presser, A., & Wang, M. (2003). Measuring e-business Web Usage, Performance, and Availability. IBM Corp.

Putra, C. A. (2014). Mengukur Kecepatan dan kualitas Website dengan GTMetrix. Diambil kembali dari www.candra.web.id: http://www.candra.web.id/

YSlow FAQ. (2014, Januari 13). Diambil kembali dari YSlow - Official Open Source Project Website: http://yslow.org/