Hubungan Tingkat Motivasi Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa

Main Article Content

Daris Zunaida
Hayat Hayat

Abstract

Jumlah pengguna Facebook di Indonesia berada pada urutan ke tujuh terbesar di dunia dan mencapai 23,8 persen dari total populasi penduduk Indonesia. Pemanfaatan Facebook bagi para mahasiswa relatif tinggi sementara hasil belajar rendah. Banyak mahasiswa belum mampu memanfaatkan internet sebagai sumber belajar yang dapat menunjang capaian tingkat hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi penggunaan Facebok pada mahasiswa; tingkat hasil belajar mahasiswa; dan korelasi antara tingkat motivasi penggunaan Facebook terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian menggunakan metode diskriptif kuantitatif korelasional. Variabel dalam penelitian ini adalah tingkat motivasi penggunaan situs jejaring sosial Facebook sebagai variabel bebas dan variabel tingkat hasil belajar sebagai variabel terikat. Instrumen variabel tingkat motivasi penggunaan situs jejaring sosial Facebook dikembangkan dalam lima indikator yaitu: kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, kebutuhan pribadi secara integratif, kebutuhan sosial secara integratif dan kebutuhan pelepasan. Instrumen tingkat hasil belajar dikembangkan dari Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) selama menjadi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Facebook ternyata tidak mempunyai korelasi terhadap hasil belajar mahasiswa. Hal ini dikarenakan media Facebook belum digunakan secara optimal dalam proses belajar mengajar dan pengguna atau mahasiswa lebih memfokuskan pada motivasi jaringan sosial.
Dimensions

Article Details

How to Cite
Zunaida, D., & Hayat, H. (2016). Hubungan Tingkat Motivasi Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pekommas, 18(1), 63–72. https://doi.org/10.30818/jpkm.2015.1180107
Section
Communication

References

Ardianto, E. (2004). Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Sibiosa Rekatama.
Arikunto, S. (2006). Manjemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Chandra, F. K. (2006). Pengaruh Tindakan Supervisi Terhadap Kinerja Auditor Internal Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Studi Empiris Pada PT. Bank BCA. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.
Haskew, L.D. & McLendon, J.C.. (1968). This is Teaching: 3rd Edition. Illionis: Scott, Foresman and Company.
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jararta: Kencana.
Nitasari, R. A. (2012). Analisis Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Bank Central Asia Tbk. Cabang Kudus. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Nurmihasti, D. A. (2012). Dampak Kegiatan Mengakses Facebook Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Jasa Boga Kelas XI Di SMKN 3 Wonosari. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Boga dan Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Nuryani, E. (2014). Hubungan Intensitas Mengakses Facebook dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang. Ejournal Ilmu Komunikasi, Volume 2 Nomor 3, hal. 178-192. http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2014/08/Jurnal%20(08-21-14-02-15-26).pdf. Diakses tanggal 6 April 2015.
Singarimbun, M. dan Effendi, S. (1989). Metode Penelitian dan Survey. Jakarta: LP3ES.
Sudijono, A. (1987). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wirakhim, I. N. (2010). Efektifitas Penggunaan Internet Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Semester Gasal D IV Kebidanan Fakultas Kedokteran UNS. Karya Tulis Ilmiah tidak dipublikasikan. Surakarta: Program Studi D IV Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.
Zuriah, N. (2005). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori-Aplikasi, Jakarta: Bumi Aksara.