Aplikasi Pemilihan Rute Alternatif Akibat Kemacetan Lalu Lintas di Kota Makassar Menggunakan Google API dan ASP.Net

Main Article Content

Nur Alam
Mukhlis Amin

Abstract

Persoalan kemacetan yang semakin parah di Kota Makassar saat ini perlu segera diatasi. Penelitian ini berusaha memberikan sebuah solusi aplikasi pemilihan rute alternatif untuk mengatasi kemacetan. Aplikasi ini dapat menampilkan lokasi kemacetan yang sedang terjadi beserta jalur alternatif yang memungkinkan untuk dilalui agar terhindar dari kemacetan tersebut. Rute alternatif diperoleh berdasarkan layanan yang telah disediakan oleh Google API. Sistem ini menggunakan beberapa bahasa pemrograman sesuai jenis aplikasinya. Penentuan titik kemacetan dilakukan melalui telepon seluler dengan aplikasi berbasis android menggunakan bahasa pemrograman eclipse. Sementara itu, aplikasi untuk mendesain rute alternatif menggunakan Active Server Pages (ASP.Net). ASP.Net dikompilasi dan berbasis .Net framework sehingga dapat membuat aplikasi dalam berbagai macam bahasa yang mendukung .Net. Pengujian hasil implementasi sistem dilakukan dengan menggunakan metode black box. Hasil pengujian pada setiap halaman utama menunjukkan bahwa keluaran yang dihasilkan melalui beberapa skenario pengujian sudah sesuai dengan yang diharapkan yang berarti halaman-halaman tersebut dapat berjalan dengan baik.
Dimensions

Article Details

How to Cite
Alam, N., & Amin, M. (2016). Aplikasi Pemilihan Rute Alternatif Akibat Kemacetan Lalu Lintas di Kota Makassar Menggunakan Google API dan ASP.Net. Jurnal Pekommas, 18(2), 93–104. https://doi.org/10.30818/jpkm.2015.1180203
Section
Informatics

References

Dong, W. (2011). An overview of in-vehicle route guidance system. Australasian Transport Research Forum 2011 Proceedings (pp. 1-12). Adelaide: ATRF.

Duch, M. B. (2010). Real Time Object Uniform Design Methodology With UML. Springer Verlag.

Fariza, A., Helen, A., & Mahyuzar, A. (2009, Agustus). Pencarian Jalur Alternatif Pada Daerah Bencana Lumpur Sidoarjo dengan Metode Analytic Hierarchy Process Berbasis WAP. TELKOMNIKA, 7(2), 137-144.

Fowler, M. (2004). UML Distilled: A Brief Guide to Standar Object Modeling. Addison Wesley.

Khan, M. A. (2013). Tinjauan Yuridis Terhadap Pelaksanaan Perparkiran di Kota Makassar. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Kurniawan, E. (2010). Cepat Mahir ASP.Net 3.5. Yogyakarta: Andi.

Lesmana, Y., Indrabayu, & Ilham, A. A. (2015). Sistem Kendali Lampu Lalu Lintas dengan Pendekatan Fuzzy Logic. Seminar nasional Komunikasi dan Informatika (pp. 121 - 126). Makassar: BBPPKI Makassar.

Liang, Z., & Wakahara, Y. (2014). Real-time urban traffic amount predictionmodels for dynamic route guidance systems. EURASIP Journal on Wireless Communications and Networking, 1 - 13.

Muhtadin, Purnama, I. E., Zulfikar, & Hariadi, M. (2010, Oktober). Sistem Pencarian Rute Alternatif Dinamis Dengan Smart Routing System Menggunakan A* Algorithm Berbasiskan Web. Journal of Electrical and Electronics Engineering, 8(2), 6-10.

Ratnasari, A., Ardiani, F., & A., N. F. (2013). Penentuan Jarak Terpendek dan Jarak Terpendek Alternatif Menggunakan Algoritma Dijkstra Serta Estimasi Waktu Tempuh. Seminar Nasional Komunikasi dan Informatika Terapan , (pp. 29 - 34). Semarang.

Ryujiro, F., Inoue, H., & Naohiko. (2005). Route Guidance System and Method.

Sharma, A., Jadhaf, A., Srivastava, R. P., & Goyal, R. (2010). Test Cost Optimization Using Tabu Search. Software Engineering & Aplications 3, 477-486.

Syafaat, N. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Taslim, A. (2012). Black Box. Retrieved 10 12, 2014, from Academia: http://www.academia.edu/5574402/Blackbox

Varita, I., Setyawati, O., & Rahadi, D. (2013). Pencarian Jalur Tercepat Rute Perjalanan Wisata Dengan Algoritma Tabu Search. Jurnal EECCIS, 185-190.