Pola Komunikasi Antarpribadi antara Guru dan Siswa di Panti Sosial Taman Penitipan Anak “Melati” Bengkulu

Main Article Content

Suzy Azeharie
Nurul Khotimah

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pola komunikasi antara Guru dan Siswa di Panti Sosial Taman Penitipan Anak “Melati” Bengkulu. Taman Penitipan Anak ini merupakan tempat anak anak berusia di bawah lima tahun yang dititipkan kedua orangtuanya selama mereka bekerja. Selama mereka dititipkan maka anak-anak ini diasuh dan dididik oleh guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosial psikologis yang berpusat pada komunikasi antarpribadi antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar di Panti Sosial Penitipan Anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sementara teknik pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara dengan nara sumber yaitu guru yang mengajar di Panti Sosial Taman Penitipan Anak “Melati” dan para siswa yang dititipkan di tempat tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan pola komunikasi primer yang mengacu pada efektifitas komunikasi interpersonal antara guru dan siswa diperoleh melalui keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan yang menekankan pada faktor kedekatan emosional yang dibangun para guru terhadap siswanya. Akibatnya siswa dapat mengerti pesan yang disampaikan guru kepadanya.
Dimensions

Article Details

How to Cite
Azeharie, S., & Khotimah, N. (2015). Pola Komunikasi Antarpribadi antara Guru dan Siswa di Panti Sosial Taman Penitipan Anak “Melati” Bengkulu. Jurnal Pekommas, 18(3), 213–224. https://doi.org/10.30818/jpkm.2015.1180307
Section
Communication

References

Suyanto, B. dan Sutinah. (2011). Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan, Edisi Revisi. Jakarta. Kencana.

DeVito, J.A. (2007). The Interpersonal Communications Book. USA: Pearson Education.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Cetakan Kesembilan Belas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

King, L.A. (2008). The Science of Psychology. Mc Graw Hill – International Edition.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Liliweri, Alo. (1997). Komunikasi Antar Pribadi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

L. Tubbs, S, dan Moss, S. (2008). Human Communication: Prinsip-Prinsip Dasar. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Moleong, L.J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2000). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Nasution, S. (1996). Metode Penelitian Naturalistik - Kualitatif. Bandung: Tarsito

Rakhmat, J. (1998). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ruslan, R. (2006). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sendjaja, S. D. (2005). Teori Komunikasi. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Soejanto, A. (2005). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Umar, H. (2008). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

West, R. dan Turner, L.H. (2008). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Widjaja. (2000). Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: PT Rineka Cipta.