Keterampilan Digital: Pengaruh Kompetensi Digital terhadap Minat Bisnis Online

Isi Artikel Utama

Andriansyah Andriansyah
Ernawati Ernawati
Herman Herman
Pramudita Budi Rahayu

Abstrak

Pentingnya penelitian ini terletak pada keniscayaan kemajuan teknologi digital saat ini, menandai periode di mana memprioritaskan efisiensi dan efektivitas kerja telah menjadi penting, sehingga memunculkan apa yang dikenal sebagai era digital. Sejumlah besar individu yang lebih muda terpikat oleh kompleksitas teknologi, sering menggunakannya semata-mata untuk tujuan rekreasi. Dampak dari perilaku tersebut berasal dari pemanfaatan teknologi yang tidak tepat, yang berpotensi mengubah generasi berikutnya menjadi konsumen belaka dalam masyarakat yang digerakkan oleh konsumen. Generasi muda harus lebih cakap digital sehingga mendorong pemanfaatan teknologi digital menjadi lebih produktif guna menumbuhkan bibit-bibit pebisnis muda yang handal dan terampil serta melek teknologi. Kompetensi digital tidak hanya memahami perangkat keras dari sebuah teknologi, namun juga perangkat lunak menjadi hal yang tidak terpisahkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara kompetensi digital generasi muda kota Makassar terhadap minat bisnis online, serta faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat. Metode yang digunakan melalui pendekatan kuantitatif yang dianalisis melalui uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas, serta regresi liner sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS versi 24. Responden penelitian ini sejumlah 222 remaja yang ada di Kota Makassar. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada pengaruh siginifikan antara kompetensi digital terhadap minat berbisnis online sebesar 39.3%, dan 60.7% dipengaruhi faktor lain. Adapun faktor pendukung remaja antara lain adalah kemampuan menggunakan perangkat keras seperti gadget/smartphone yang tinggi, serta kemampuan mencari informasi secara online, sedangakan hambatannya kurangnya kemampuan menggunakan platform e-commerce serta kurangnya keinginan memulai berbisnis online terlebih untuk menjalankannya. Faktor lain yang mempengaruhi minat berbisnis Online salah satunya ketersediaan modal, takut menanggung risiko kegagalan, dll. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah kurangnya responden yang mengisi kuesioner serta masih perlu diteliti pada aspek psikologi remaja.

Rincian Artikel

Bagian
Komunikasi

Referensi

Amighini, A. (2021). China after Covid-19: economic revival and challenges to the world. Ledizioni.

Arifin, Z., Cindrakasih, R. R. R., Kertati, I., Dulame, I. M., Harto, B., Pratomo, Y. S., Bintariningtyas, S., Purwanto, R., Hastuti, D., & Nursanty, E. (2023). Kebangkitan Bisnis UMKM Pasca Covid 19. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. Apji.or.Od, June, 10. apji.or.id

Badan Pusat Statistik Kota Makassar. (2023). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Kota Makassar, 2010-2023. BPS Kota Makassar. https://makassarkota.bps.go.id/indicator/12/73/1/jumlah-penduduk-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin-di-kota-makassar.html

Dodel, M., Mesch, G., & Dodel, M. (2018). Inequality in digital skills and the adoption of online safety behaviors. Information, Communication & Society, 21(5), 712–728. https://doi.org/10.1080/1369118X.2018.1428652

Fitri, S. (2017). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 118–123. https://doi.org/https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.5

Jayanthi, R., & Dinaseviani, A. (2022). Kesenjangan Digital dan Solusi yang Diterapkan di Indonesia selama Pandemi COVID-19. IPTEK-KOM, 24(2), 187–200.

Juditha, C. (2017). Memahami Struktur Jaringan Media Sosial sebagai Cara Strategis Periklanan di Era Ekonomi Digital Understanding Social Media Network Structure as a Strategic Way of Advertising in Digital Economy Era. Jurnal Pekommas, 2(1), 99–114.

Kadir, A., Hakim, M. R., & Syam, F. (2020). Pengunaan dana zakat pada korban covid-19 perspektif maqashid syariah. 1, 107–116.

Kominfo. (2016). Menkominfo: E-Commerce Masa Depan Ekonomi Indonesia. Kominfo.Go.Id. https://www.kominfo.go.id/content/detail/8451/menkominfo-e-commerce-masa-depan-ekonomi-indonesia/0/berita_satker

Makdis, N. (2020). Penggunaan e-book pada era digital. Al Maktabah, 19(1).

Mitrin, A., Rahman, R., Putra, N. D. D., Hang, U., Pekanbaru, T., & Literasi, M. (2023). Pelatihan Digital Parenting Sebagai Upaya Pencegahan Media Addicaton (Kecanduan Media) Pada Anak Di Kelurahan Sialang Munggu Kota Pekanbaru. Journal, Communnity Development, 4(5), 10615–10620.

Musyarrif, & Andriansyah. (2023). Pengaruh Pesan Iklan Tokopedia Edisi “Ciptakan Peluangmu” terhadap Minat Berbisnis Online pada Remaja di Masa Pendemi di Kota Makassar. Journal of Communication Sciences, 5(2), 126–137.

Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books.

Putra, Y. M. P. (2016). Minat Pemuda untuk Berwirausaha Disebut Masih Rendah. Republika.Co.Id. https://republika.co.id/berita/od1aoe284/minat-pemuda-untuk-berwirausaha-disebut-masih-rendah

Qurbani, D., Mardiana, S., Nugroho, R. D., & Pamulang, U. (2020). Meningkatkan Minat Dan Potensi Generasi Milenial Khususnya Siswa-Siswi SMK Darussalam Untuk Memulai Bisnis Online Dengan Sistem Dropship. 100–104.

Saputra, A., & Yana, R. H. (2019). Remaja Kreatif-Produktif sebagai Treatment Pencegahan Terhadap Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja di Pedesaan Berpikir merupakan proses mental yang akan menghasilkan. 1(1), 206–213.

Schoolmedia, E. (2023). Pasca Pandemi Pemulihan Ekonomi Indonesia Melesat Sehingga Naik Kelas. Https://News.Schoolmedia.Id/. https://news.schoolmedia.id/lipsus/Pasca-Pandemi-Pemulihan-Ekonomi-Indonesia-Melesat-Sehingga-Naik-Kelas-3698

Ummah, A. H. (2020). Dakwah digital dan generasi milenial. Tasamuh, 18(1), 54–78. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/tasamuh.v18i1.2151

Zhang, Y., Cao, H., Zhang, W., & Wang, Y. (2023). How Digital Skills Influence on Digital Participation in China ? The Mediating Roles of Online Interpersonal Communication and Online Immersion. Sage, 196, 1–15. https://doi.org/10.1177/21582440231218786