Aplikasi Pengaduan Gangguan Listrik Berbasis Android pada PT. PLN (Persero) Induk Wilayah Sulselrabar

Penulis

  • Asmah Akhriana STMIK Dipanegara Makassar

Abstrak

Gangguan listrik merupakan kejadian yang dapat menyebabkan tidak bekerjanya pengaman tenaga listrik. Saat ini proses pengaduan listrik melalui line telpon 123 dan diinputkan ke Aplikasi pengaduan keluhan dan terpadu. Sistem tersebut belum mampu memberikan informasi gangguan listrik kepada masyarakat yang berada pada sekitar lokasi gangguan, sehingga masyarakat tidak mengetahui estimasi perkiraan waktu pengerjaan setiap gangguan listrik yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat melaporkan gangguan listrik berdasarkan lokasi rayon saat masyarakat melaporkan gangguan tersebut dan masyarkat dapat memperoleh pemberitahuan tentang terjadinya suatu gangguan listrik yang berada di sekitarnya. Penelitian ini menggunakan metode koordinat kartesius untuk mendapatkan lokasi masyarakat yang mengirimkan pengaduan dan pengujian aplikasi menggunakan metode black box,yang hasil pengujiannya dinyatakan bahwa pengujian telah berhasil dan terbebas dari kesalahan fungsi logika.Hasil dari penelitian ini adalah Aplikasi pengaduan gangguan listrik berbasis android pada PT. PLN (Persero) Induk Wilayah SULSELRABAR yaitu pendataan jenis gangguan serta memberikan notifikasi tindak lanjut yang dilakukan oleh pihak PLN serta membantu masyarakat dalamĀ  melakukan pengaduan gangguan listrik kepada pihak PLN dan membantu pihak PLN dalam memberikan pemberitahuan gangguan listrik kepada masyarakat yang berada pada rayon yang sedang mengalami gangguan listrik sehingga informasi yang diberikan tepat sasaran dan masyarakat dapat melakukan antisipasi sebelum terjadi pemadaman listrik.

Referensi

Artono,Budi.,Priyanto., & Atmaja, Ardian, Prima. (2016). Decision Support System Untuk Pelayanan Gangguan Listrik Pelanggan. Journal of Electrical Electronic Control and Automotive Engineering. JEECAE Vol.1, No.1, Oktober 2016.

Cholifah, Wahyu Nur., Yulianingsih, & Sagita, Sri Melati. 2018. Pengujian Blackbox Testing Pada Aplikasi Action & Android Dengan Teknologi Phonegap. Jurnal String. Vol.3, No.2, Desember 2018. p-ISSN : 2527-9661, e-ISSN : 2549-2837.

Gunawan,Hendra., & Agustian, Irwan. (2014). Aplikasi Pelayanan Gangguan Listrik Berbasis Web Di PLN Rayon Banjaran. Jurnal Informasi. Vol.VI No.2, November 2014.

Haris, Abdul., & Agtriadi, Herman Bedi. (2017). Analisis Sistem Penentuan Lokasi Gangguan Jaringan Distribusi Listrik Terintegrasi Google Map. Jurnal Ilmiah FIFO. Vol.IX, No.1, Mei 2017.

Hendini, Ade. 2016. Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang (Studi Kasus : Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika. Vol. IV, No.2, Desember 2016.

Koyuko,Harnolus.,Sinsuw, Alecia A.E., & Najoan, Xaverius B.N. (2016). Perancangan Aplikasi Monitoring Pemadaman Listrik Berbasis Android Studi Kasus PT. PLN Area Manado. E-Journal Teknik Informatika. Vol.8, No.1, Oktober 2016.

Suendri. 2018. Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus : UIN Sumatera Utara Medan). Algoritma : Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika. Vol. 03, No.1, November 2018. ISSN :2598-6341.

Sukamto, & Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak RA. Bandung: Informatika.

Unduhan

Diterbitkan

2021-03-09

Terbitan

Bagian

Artikel