PERANCANGAN APLIKASI E-CANTEEN BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN METODE OBJECT ORIENTED ANALYSIS & DESIGN ( OOAD )

Bella Chintya Neyfa, dony dn tamara, Ghina s Salsabila, bayu adityo ramadhan, fathiyah rahma mutmainah, dimas ardi rosatama

Abstract

Perkembangan teknologi pada saat ini telah berkembang pesat, beberapa aplikasi berbasis android pun telah banyak diciptakan dan digunakan dalam berbagai bidang. Salah satu penggunaannya adalah dalam bidang pemesanan makanan. Aplikasi android untuk pemesanan makanan pada umumnya digunakan untuk lingkup besar, seperti pada sebuah restoran. Sementara itu, pada lingkup yang lebih kecil seperti kantin, aplikasi pemesanan makanan jarang sekali ditemukan padahal hal tersebut dapat memudahkan proses yang ada pada kantin tersebut. Aplikasi e-Canteen merupakan inovasi yang dapat mempermudah layanan pada sebuah kantin dimana aplikasi ini mengambil uji lokasi di area kantin Politeknik Negeri Jakarta. Layanan utama yang ditawarkan oleh aplikasi e-Canteen adalah pengaksesan menu yang terdapat pada kantin serta pemesanan menu. Melalui aplikasi e-Canteen, pelanggan dapat memiliki akses terhadap menu yang ditawarkan dalam sebuah area kantin. Pelanggan dapat melihat seluruh menu yang ditawarkan tiap penjual dalam kantin lengkap dengan harga serta hitungan sisa porsi yang tersedia, sehingga pelanggan dapat mengetahui terlebih dahulu apakah menu yang ingin mereka pesan masih tersedia atau sudah habis. Selanjutnya, pelanggan dapat menikmati kemudahan pemesanan menu dengan mengikuti prosedur yang telah diatur oleh sistem dalam aplikasi. Pelanggan dapat memilih menu pesanan serta jumlah pesanan yang diinginkan. Proses pun berlanjut ke tahap pembayaran, dimana pelanggan melakukan pembayaran sesuai dengan total harga pembelian dengan menggunakan sistem saldo. Setelah proses pembayaran berhasil, pesanan pun dapat langsung diproses dan diantar ke meja tanpa pelanggan harus mengantri lama serta penjual dapat menerima daftar pesanan secara lengkap serta pembayaran yang sesuai.

Kata Kunci: Aplikasi, Kantin, OOAD, Android



References

J. Nurasiah. (2010). OOAD (Object Oriented Analysis dan design).[Online]. Tersedia :

https://saiiamilla.wordpress.com/2010/06/04/ooad-object-oriented-analysis-dan-design/

Ritonga, Pahmi. 2015. PENGERTIAN UNIFIED MODELING LANGUAGE (UML) DAN MODELNYA MENURUT PAKAR. Tersedia: http://www.bangpahmi.com/2015/04/pengertian-unified-modelling-language-uml-dan-modelnya-menurut-pakar.html.

An.(2015). Kantin. Tersedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Kantin.

(2015). Pengertian Dan Definisi aplikasi Menurut Para Ahli. Tersedia:

http://blog-definisi.blogspot.co.id/2015/08/pengertian-dan-definisi-aplikasi.html .

An.(2014). Pengertian Android Menurut Para Ahli. Tersedia : http://globallavebookx.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-android-menurut-para-ahli.html .




DOI: http://dx.doi.org/10.33299/jpkop.20.1.532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.