PERANCANGAN APLIKASI E-CANTEEN BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN METODE OBJECT ORIENTED ANALYSIS & DESIGN ( OOAD )
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi pada saat ini telah berkembang pesat, beberapa aplikasi berbasis android pun telah banyak diciptakan dan digunakan dalam berbagai bidang. Salah satu penggunaannya adalah dalam bidang pemesanan makanan. Aplikasi android untuk pemesanan makanan pada umumnya digunakan untuk lingkup besar, seperti pada sebuah restoran. Sementara itu, pada lingkup yang lebih kecil seperti kantin, aplikasi pemesanan makanan jarang sekali ditemukan padahal hal tersebut dapat memudahkan proses yang ada pada kantin tersebut. Aplikasi e-Canteen merupakan inovasi yang dapat mempermudah layanan pada sebuah kantin dimana aplikasi ini mengambil uji lokasi di area kantin Politeknik Negeri Jakarta. Layanan utama yang ditawarkan oleh aplikasi e-Canteen adalah pengaksesan menu yang terdapat pada kantin serta pemesanan menu. Melalui aplikasi e-Canteen, pelanggan dapat memiliki akses terhadap menu yang ditawarkan dalam sebuah area kantin. Pelanggan dapat melihat seluruh menu yang ditawarkan tiap penjual dalam kantin lengkap dengan harga serta hitungan sisa porsi yang tersedia, sehingga pelanggan dapat mengetahui terlebih dahulu apakah menu yang ingin mereka pesan masih tersedia atau sudah habis. Selanjutnya, pelanggan dapat menikmati kemudahan pemesanan menu dengan mengikuti prosedur yang telah diatur oleh sistem dalam aplikasi. Pelanggan dapat memilih menu pesanan serta jumlah pesanan yang diinginkan. Proses pun berlanjut ke tahap pembayaran, dimana pelanggan melakukan pembayaran sesuai dengan total harga pembelian dengan menggunakan sistem saldo. Setelah proses pembayaran berhasil, pesanan pun dapat langsung diproses dan diantar ke meja tanpa pelanggan harus mengantri lama serta penjual dapat menerima daftar pesanan secara lengkap serta pembayaran yang sesuai.
Kata Kunci: Aplikasi, Kantin, OOAD, Android
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
J. Nurasiah. (2010). OOAD (Object Oriented Analysis dan design).[Online]. Tersedia :
https://saiiamilla.wordpress.com/2010/06/04/ooad-object-oriented-analysis-dan-design/
Ritonga, Pahmi. 2015. PENGERTIAN UNIFIED MODELING LANGUAGE (UML) DAN MODELNYA MENURUT PAKAR. Tersedia: http://www.bangpahmi.com/2015/04/pengertian-unified-modelling-language-uml-dan-modelnya-menurut-pakar.html.
An.(2015). Kantin. Tersedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Kantin.
(2015). Pengertian Dan Definisi aplikasi Menurut Para Ahli. Tersedia:
http://blog-definisi.blogspot.co.id/2015/08/pengertian-dan-definisi-aplikasi.html .
An.(2014). Pengertian Android Menurut Para Ahli. Tersedia : http://globallavebookx.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-android-menurut-para-ahli.html .