APRESIASI DOSEN TERHADAP PEMANFAATAN SUMBER-SUMBER RUJUKAN ILMIAH BERBASIS DIGITAL
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mengevaluasi seberapa jauh dosen mengenal, memahami, memanfaatkan, menilai secara kritis, dan menghargai sumber-sumber rujukan ilmiah berbasis digital dalam menjalankan tugas-tugas pengajaran dan penelitian ilmiah. Penelitian ini merupakan penellitian deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan pertanyaan terstruktur dan wawancara untuk mendapatkan data primer. Selain itu penelitian ini juga menggunakan observasi data sekuder berupa sumber-sumber tercetak di perpustakaan dan sumber-sumber digital melalui internet atau rujukan elektronik lainnya untuk menggambarkan beberapa kriteria literacy informasi dalam mengenal sumber literatur dan melakukan penelusuran literatur ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat pengenalan dan pemahaman dosen FISIP Unhas terhadap sumber-sumber literatur digital (resource literacy) yang tinggi, pemanfaatan sumber tersebut untuk penelusuran informasi dan penulisan karya ilmiah (research dan publishing literacy) masih sangat rendah, dan penghargaan mereka terhadap sumber-sumber rujukan berbasis digital tersebut yang bervariasi tergantung dari tingkat pengenalan dan pemahaman mereka.
Kata kunci : apresiasi dosen, rujukan ilmiah, sumber digital.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).