Implementasi Metode Action Research untuk Peningkatan Daya Saing Umkm Melalui E-Commerce
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kota Bandung memiliki sentra tekstil rajut Binong Jati yang berdiri sejak 1965. Wilayah ini tersohor ke negeri tetangga karena produk rajutnya diekspor hingga ke Singapura, Brunei Darussalam, dan Malaysia. Wanina Store dan Karimake Store merupakan rumah produksi yang berada di Kampung Rajut Binong, kapasitas produksi UMKM ini mengalami penurunan secara signifikan, hal ini disebabkan oleh tingkat volume penjualan yang menurun sehingga berpengaruh pada tingkat keuntungan usaha dan berdampak pada rendahnya tingkat produksi. masih menggunakan cara-cara konvensional dalam pemasaran produk, serta rendahnya pengetahuan UMKM dalam berinovasi dalam teknologi. Dalam manajemen pemasaran untuk kedua mitra masih “ word of mouth”, belum memamfaatkan marketplace yang ada ataupun social media. Dikarenakan tingkat keterampilan mitra dalam penguasaan dan pemamfaatan teknologi informasi yang sangat rendah. Maka, untuk menyelesaikan persoalan dengan (1) membuatkan website berbasis e-Commerce untuk meningkatkan perluasan pangsa pasar dan manajemen penjualan. (2) memberikan pelatihan penggunaan e-commerce yang telah dibuat. (3) memberikan pelatihan pemamfaatan top 5 popular marketplace. metode penelitian yang digunakan dalam riset ini adalah metode action research dan untuk mengukur keberhasilan sistem yang telah diterapkan menggunakan kerangka kerja DeLone & Mc lean.
Kata kunci : Action Research, UMKM, e-commerce, daya saing, DeLone & Mc Lean.
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Referensi
Agustiningsih, D. (2015). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha: survey pada pengusaha sentra industri rajutan binong Jati Bandung. Retrieved from UPI Digital Repository: http://repository.upi.edu/18618/
Anil Khurana, Jyoti Mehra. “E-commerce: Opportunities and Challenges.” The International Journal Of Business & Management, 2015: 182-186.
Mahdi Choshin, Ali Ghaffari. “An investigation of the impact of effective factors on the success of e-commerce in small- and medium-sized companies.” Journal Computers in Human Behavior, ELSEVIER, 2017: 67-74.
Mesut Savrul, Ahmet Incekara, Sefer Sener. “The Potential of E-commerce for SMEs in a Globalizing Business Environment.” Science Direct Journal : Social and Behavioral Sciences , 2014: 35-45.
Mulia, P. (2017, April 7). Ridwan Kamil Angkat Sentra Rajut Binong Jati Destinasi Wisata. Retrieved from Tempo.Co: https://m.tempo.co/read/news/2017/04/07/090863853/ridwan-kamil-angkat-sentra-rajut-binong-jati-destinasi-wisata
Mutayasaroh. (2015, Januari 2). MENGUNJUNGI SAUNG RAJUT, SENTRA RAJUT DI KAWASAN BINONG JATI, BANDUNG. Retrieved from Wisata Bandung: http://bandung.panduanwisata.id/mengunjungi-saung-rajut-sentra-rajut-di-kawasan-binong-jati-bandung/
Putri, L. (2011, Maret). Retrieved from Fakultas Seni Rupa dan Desain - ITB: http://www.dkv.fsrd.itb.ac.id/wp-content/uploads/2011/03/pencitraan-daerah-destination-branding-sentra-industri-rajut-binongjati.pdf
Sentra Rajut Binong Jati Makin Terdesak. (2010, Januari 19). Retrieved from Pikiran Rakyat: http://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/2010/01/19/105671/sentra-rajut-binong-jati-makin-terdesak
Syed Zamberi Ahmad, Abdul Rahim Abu Bakar, Tengku Mohamed Faziharudean & Khairul Anwar Mohamad Zaki. “An Empirical Study of Factors Affecting e-Commerce Adoption among Small- and Medium-Sized Enterprises in a Developing Country: Evidence from Malaysia.” Journal information technology for Development, 2014: 555-572.
Top-ecommerce-sites-indonesia. 01 2018. https://ecommerceiq.asia/top-ecommerce-sites-indonesia/ (diakses 10 14, 2018)