JARINGAN KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PELAPAK (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS BUKALAPAK WILAYAH JAKARTA)

Isi Artikel Utama

Retno Dyah Kusumastuti
Agung Wicaksono
Anjang Priliantini

Abstrak

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, jumlah Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia terus meningkat. Namun hanya 4,9% yang memanfaatkan akses digital sebagai media penjualan, baik melalui sosial media ataupun e-commerce. Tahun 2017, jumlah UKM yang go online meningkat menjadi 8%, dan ditargetkan terus mengalami peningkatan di tahun 2018 oleh Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Terus bertambahnya e-commerce menjadi tantangan tersendiri bagi Bukalapak. Untuk terus mempertahankan eksistensinya, Bukalapak membentuk Komunitas Pelapak sebagai jaringan komunikasi antarpelapak di tiap wilayah. Komunitas ini memungkinkan pelapak untuk saling berbagi strategi dalam meningkatkan produktivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan jaringan komunikasi komunitas Bukalapak wilayah Jakarta dan menganalisis hubungan dalam peningkatan produktivitas para pelapak di dalam komunitas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian yang menggunakan teknik wawancara mendalam dengan anggota komunitas Bukalapak wilayah Jakarta ini menemukan bahwa di dalam komunitas Bukalapak wilayah Jakarta terdapat empat (4) individu yang banyak dipilih oleh anggota komunitas. Individu tersebut merupakan opinion leader yang aktif dalam memberikan informasi serta motivasi kepada anggota komunitas lainnya. Dengan melakukan komunikasi yang berisikan informasi serta motivasi dalam setiap kegiatan komunitas, dapat meningkatkan produktivitas anggota komunitas dalam berbisnis di dunia e-commerce.

Rincian Artikel

Bagian
Artikel
Biografi Penulis

Retno Dyah Kusumastuti, UPN "veteran" Jakarta

Program Studi Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta

Referensi

Ayuwuragil, Kustin. 2017. Kemenkop UKM: 3,79 Juta UMKM Sudah Go Online. Berita Online. CNN Indonesia Edisi 15 November 2017. Tersedia pada https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20171115161037-78-255819/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online

Borgatti, Stephen P. and Rich Dejody. 2013. Basic Concepts in Social Network Analysis. Makalah Workshop SNA, 5 Juni 2013. Diakses dari https://sites.google.com/site/uklinkcenter

Bulkis. 2012. Analisis Jaringan Komunikasi Petani Tanaman Sayuran: Studi Kasus pada Petani Sayuran di Desa Egon. Jakarta: Universitas Terbuka.

Creswell, John. 2008. Research Design: Pendekatan, Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Bandung: Pustaka Pelajar.

Deloitte Access Economics. 2015. UKM Pemicu Kemajuan Indonesia: Instrumen pertumbuhan Nusantara. Tersedia pada https://www2.deloitte.com/content/dam/Deloitte/id/Documents/finance/id-fas-sme-powering-indonesia-success-report-bahasa-noexp.pdf

Eriyanto, 2014, Analisis Jaringan Komunikasi: Strategi Baru dalam Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Goldbeck, Jennifer. 2013. Analyzing the Social Web. Boston: Elsevier.

Humas Kemenkop dan UKM. 2016. Kemenkop Terus Dukung UKM di Bisnis e-Commerce. Siaran Pers. Tersedia pada http://www.depkop.go.id/content/read/kemenkop-terus-dukung-ukm-di-bisnis-e-commerce/

Infante, Dominic, et al. 1993. Building Communication Theory: Second Edition. USA: Waveland Press, Inc.

Iriantara. Yosal. 2004. Manajemen Strategis Public Relations. Jakarta: Ghalia.

K. Das, M. Gryseels, P. Sudhir, and K.T. Tan. 2016. Unlocking Indonesia’s Digital Opportunity. McKinsey & Company.

Kadushin, C. 2012. Understanding Social Networks: Theories, Concept, and Finding. New York: Oxford University Press.

Moleong, J Lexy. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pangestu, Michelle. 2015. Jaringan Komunikasi di The Piano Institute Surabaya. Surabaya: Universitas Kristen Petra Surabaya.

Rahman, Adi Fida. 2018. Komunitas Bukalapak Ajak Pelaku UKM Banjarmasin Bisnis Online. Berita Online. detikinet Edisi 30 Juni 2018. Tersedia pada https://inet.detik.com/business/d-4091720/komunitas-bukalapak-ajak-pelaku-ukm-banjarmasin-bisnis-online

Rogers, Everett dan D. Lawrence Kincaid. 1981. Communication Network: Towards a New Paradigm for Research. New York: Free Press.

Scott, Noel, Rodoflo Baggio and Chris Cooper. 2008. Network Analysis and Tourism: From Theory to Practice. Toronto: Channel View Publication.

Simanjuntak, Elvianna. 2013. Jaringan Komunikasi dan Efektivitas Kerja: Studi Korelasi tentang Pengaruh Jaringan Komunikasi terhadap Efektivitas Kerja Pegawai di Kantor Pemerintahan Kabupaten Dairi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Sinungan, Muchdarsyah. 1995. Produktivitas: Apa dan bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryadi, Israwati. 2010. Teori Konvergensi Simbolik. Jurnal Academica FISIP Universitas Tadulako, Vol. 2, No. 2. Edisi Oktober 2010. ISSN 1411-3341.

Wenger. Etienne, et al. 2002. Cultivating Communities of Practice. USA: Harvard Business School Press.

Wiryanto. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yin, Robert K. 2003. Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.