MEDIA DAN SURVEILENCE (Content Analysis Suratkabar mengenai Valence Issue melalui Headline-nya pada Edisi Juli 2017)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini pada dasarnya berupaya menemukan jawaban mengenai fenomena valence issue dalam peng-agendaan Suratkabar Ibu kota. Mengacu pada analisis dan diskusi terhadap fenomena valence baik dalam konteks Konten fisik dan Konten (aktor) kiranya itu memperlihatkan fenomena penekanan oleh organisasi media. Media massa memberi penekanan pada isu-isu tertentu dan sesuai temuan tadi tampak di antara keempat suratkabar itu cenderung tidak sama penekanannya atas isu-isu yang ada di lingkungannya. Keterjadian fenomena ini sendiri memang sudah diasumsikan oleh teori agenda setting, bahwa apa yang dianggap penting oleh pembaca dalam pandangan redaksi maka itulah yang dijadikan objek penekanan oleh pihak media. Dengan demikian di antara sesama media memiliki makna ‘kepentingan’ yang relatif atas berbagai isue. Di sisi lain, temuan terkait fenomena valence dimaksud juga menjadi bukti bahwa fenomena variasi yang terjadi dalam hal valence di antara keempat suratkabar tadi juga menjadi cermin hasil perhitungan pihak organisasi media dalam proses enkoding-nya.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
References
Buku :
De Fleur, Melvin L. & Rokeach, Sandra-Ball, Theories of Mass Communication, Fourth Edition, New York & London, Longman, 1982, p. 173.
Griffin, EM, 2003, A First Look at Communication Theory, Fifth Edition, New York, McGraw Hill.
Littlejohn, Stephen W., Theories of Human Communication, eighth edition, Thomson Learning Inc., Wadsworth, Belmont, USA, 2005.
Mc Quail, Denis, 1994. Teori Komunikasi Massa, Suatu Pengantar, edisi kedua, Terjemahan Agus Dharma dan Aminuddin Ram, Jakarta, Penerbit Erlangga,
Rakhmat, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, Bandung, Remadja Karya, CV, 1985:1.
Rivers, William L., Jay W. Jansen, Theodore Peterson, Media Massa dan Masyarakat Modern, edisi kedua, terjemahan Haris Munandar dan Dudy Priatna, Jakarta, Prenada Media, 2003:33.
Wright, Charles R. 1988, Sosiologi Komunikasi Massa, Ed. Jalaluddin Rakhmat, Bandung, Remadja Karya
“Functional Analysis and Mass Communication”. dalam https://www.rese-archgate.net/publication/ accessed. Agts, 9. 2017.