MEDIA DAN SURVEILENCE (Content Analysis Suratkabar mengenai Valence Issue melalui Headline-nya pada Edisi Juli 2017)

Isi Artikel Utama

felix tawaang

Abstrak

Penelitian ini pada dasarnya berupaya menemukan jawaban mengenai  fenomena valence issue dalam peng-agendaan Suratkabar Ibu kota. Mengacu pada analisis dan diskusi terhadap fenomena valence baik dalam konteks Konten fisik dan Konten (aktor) kiranya itu memperlihatkan fenomena penekanan oleh organisasi media. Media massa memberi penekanan pada isu-isu tertentu dan sesuai temuan tadi tampak di antara keempat suratkabar itu cenderung tidak sama penekanannya atas isu-isu yang ada di lingkungannya. Keterjadian fenomena ini sendiri memang sudah diasumsikan oleh teori agenda setting, bahwa apa yang dianggap penting oleh pembaca dalam pandangan redaksi maka itulah yang dijadikan objek penekanan oleh pihak media. Dengan demikian di antara sesama media memiliki makna ‘kepentingan’ yang relatif atas berbagai isue. Di sisi lain, temuan terkait fenomena valence dimaksud juga menjadi bukti bahwa fenomena variasi yang terjadi dalam hal valence di antara keempat suratkabar tadi juga menjadi cermin hasil perhitungan pihak organisasi media dalam proses enkoding-nya. 

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Buku :

De Fleur, Melvin L. & Rokeach, Sandra-Ball, Theories of Mass Communication, Fourth Edition, New York & London, Longman, 1982, p. 173.

Griffin, EM, 2003, A First Look at Communication Theory, Fifth Edition, New York, McGraw Hill.

Littlejohn, Stephen W., Theories of Human Communication, eighth edition, Thomson Learning Inc., Wadsworth, Belmont, USA, 2005.

Mc Quail, Denis, 1994. Teori Komunikasi Massa, Suatu Pengantar, edisi kedua, Terjemahan Agus Dharma dan Aminuddin Ram, Jakarta, Penerbit Erlangga,

Rakhmat, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, Bandung, Remadja Karya, CV, 1985:1.

Rivers, William L., Jay W. Jansen, Theodore Peterson, Media Massa dan Masyarakat Modern, edisi kedua, terjemahan Haris Munandar dan Dudy Priatna, Jakarta, Prenada Media, 2003:33.

Wright, Charles R. 1988, Sosiologi Komunikasi Massa, Ed. Jalaluddin Rakhmat, Bandung, Remadja Karya

“Functional Analysis and Mass Communication”. dalam https://www.rese-archgate.net/publication/ accessed. Agts, 9. 2017.