PEMASARAN ELEKTRONIK MELALUI APLIKASI JEJARING SOSIAL
Main Article Content
Abstract
Jejaring sosial atau media sosial berpotensi membantu pelaku UKM dalam memasarkan produk dan jasanya. Karena mampu menjangkau wilayah yang luas dengan hemat biaya. Melalui jejaring sosial, pelaku bisnis UKM dapat melakukan aktivitas pemasarannya seperti memperkenalkan produk, menjalin komunikasi dengan konsumen dan calon konsumen, dan memperluas jaringan bisnis. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif-deskriptif dengan teknik survei kepada para pelaku UKM di daerah Bengkulu dan Jambi. Teknik pemilihan responden adalah purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pelaku UKM bergerak dalam usaha penjualan barang, bukan jasa. Sedikit responden yang menjual komoditas unggulan daerah mereka masing-masing. Sebagian besar UKM memilih menggunakan akses internet dengan jaringan tanpa kabel atau mobile access. Target pasar mereka umumnya masyarakat lokal. Sedikit pelaku UKM yang membidik pasar nasional apalagi internasional. Aplikasi jejaring sosial yang banyak dipilih oleh pelaku UKM untuk memasarkan produk usahanya, yaitu Facebook, Email, Blackberry Messenger (BBM), situs jual beli, Twitter, website pribadi, dan situs milik orang lain. Aktivitas pemasaran yang banyak dilakukan antara lain mengunggah foto produk untuk memberikan gambaran kepada calon konsumen mengenai produk-produk yang ditawarkan, menuliskan status mengenai produk, menuliskan deskripsi atau tinjauan mengenai produk.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta : Rineka Cipta.
Swastha, Basu., dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty.
Batra, R., Myers, J.G. and Aaker, D.A. 1996. Advertising Management. New Jersey : Prentice Hall.
Belch, G. E. & Belch. 2004. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective (6th ed.). New York : Mc-Graw-Hill, Inc.
Dibb, Sally and Carrigan, Marylyn. Social marketing transformed: Kotler, Polonsky and Hastings reflect on social marketing in a period of social change. European Journal of Marketing Vol. 47 No. 9, 2013.
Endraswari, Rizki Mariskha. 2006. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Aplikasi Teknologi Informasi Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Pada UKM Kerajinan Tangan Bantul, Yogyakarta)”. Thesis Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro: Semarang.
Gilmore, Audrey, et al. E-marketing and SMEs: Operational Lessons for the Future dalam European Business Review Vol. 19 No. 3, 2007 pp. 234-247.
Haryadi, Rudi.2009. Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Pilihan Konsumen Melalui Pendekatan Marketing Mix (Studi Kasus pada The Body Shop Jakarta). Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Diponegoro. Semarang : Universitas Diponegoro.
Hybel, Saundra., Richard L Weaver II. 2006. Communicating Effectively, 8th Edition. New York : McGraw-Hill, Inc.
Jefkins, Frank. 1997. Periklanan Edisi Ketiga. Jakarta : Erlangga.
Kotler, P. Principles of Marketing, Fourth European Edition. Pearson Education. New Jersey : Prentice Hall.
Kotler, Philip., Kevin Lane Keller. 2009. Manjemen Pemasaran Jilid ke-2 edisi ke-13. Jakarta : Erlangga.
Mohammed, Rafi A., Fisher, Robert J., Jaworski, Bernard J. , Paddison, Gordon J. 2003. Internet Marketing: Building Advantage in a Networked Economy, 2nd edition.: New York : McGraw Hill,Inc.
Morissan. 2007. Periklanan dan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Tangerang : Ramdina Prakarsa.
Prayitno, Sunarto. 2010. Analisis Dampak Implementasi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Penciptaan Ekuitas Merek. Journal of Strategic Communication. Vol. 1, No. 1, Hal. 90-112. Jakarta : Universitas Pancasila.
Rahadjo, Turnomo. 2011. Isu-Isu Teoritis Media Sosial dalam Fajar Junaedi (ed) dalam Komunikasi 2.0 Teoritisasi dan Implikasi: 3-29. Yogyakarta : ASPIKOM.
Salehi, Mehrdad., et al. 2010. Dissimilarity of E-marketing VS Traditional Marketing, dalam International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences Vol. 2, Pp 510-515.
Sekaran, Uma., and Roger Bougie. 2010. Research Methods for Business: a Skill Building Appoarch. 5th ed. United Kingdom : John Wilwy & Sons Ltd.
Setiowati, Berti. 2007. Analisa Strategi Bauran Pemasaran Pada Perusahaan Jasa Freight Forwarding: Rencana, Implementasi, Dan Evaluasi Kebijakan Yang Memengaruhi Kinerja Pemasaran. Thesis Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana. Semarang : Universitas Diponegoro.
Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta
Sugiyono.2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 1999. Strategi Pemasaran, Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi Offset.