Media Massa, Khalayak Media, The Audience Theory, Efek Isi Media dan Fenomena Diskursif
Main Article Content
Abstract
Berkaitan dengan polarisasi fenomena hubungan media massa dengan khalayak, paper ini memfokuskan telaahnya pada: 1) Keterkaitan Media dan Khalayak dengan The Audience Theory; 2) Komponen Audience dan Efek yang Ditimbulkan Isi Media; 3) Fenomena Diskursif dalam Suratkabar dengan kasus pada Harian Rakyat Merdeka. Telaahnya dilakukan dengan mengacu pada teori-teori yang relevan dengan masalah hubungan media massa dengan khalayak serta menggunakan data riset menyangkut praktik diskursif pada rubrik DPRM Harian Rakyat Merdeka. Hasilnya menunjukkan, menyangkut persoalan pertama, dalam perspektif teoritisi ternyata telah memperlihatkan perkembangan. Telaah teoritik bermula diwujudkan dalam bentuk The Hypodermic Needle Model, kemudian disusul model Two-Step Flow,Uses & Gratifications dan terakhir dalam format Reception Theory. Persoalan kedua, hasil pembahasan memperlihatkan ada tiga format: menurut perspektif pengamat; menurut teoritisi berparadigma positivistik, dan menurut teoritisi berparadigma kritikal. Persoalan ketiga, hasil pembahasan mengindikasikan bahwa Harian Rakyat Merdeka yang cenderung mengalami kemajuan pesat secara ekonomi itu justru semakin memfasilitasi individu warga untuk berpartisipasi aktif dalam diskusif melalui rubrik DPRM. Fenomena ini karenanya menjadi tidak relevan dengan kekhawatiran akan munculnya disfungsionalisasi suratkabar sebagai public space yang memfasilitasi terwujudnya public discourse ketika tumbuh menjadi komersil, sebagaimana tercetus dalam perspektif Ekonomi Politik Kritis.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
References
Armando, Ade. 2006. Kekerasan di TV dan Skenario Besar sang Menteri? Media Indonesia, Edisi 7 Desember 2006.
De Fleur, Melvin L., and Rokeach, Sandra-Ball. 1982. Theories of Mass Communication, Fourth Edition. New York & London: Longman.
Djalil, Sofyan. 2006. Rakyat Merdeka, Edisi 3 Desember, 2006.
Djumena, Erlangga. “Jusuf Kalla Tak Merasa Dilecehkan Oleh Republik BBM”, dalam
http://www.kompas.com/gayahidup/news/0604/26/182243.htm.
Fatwa, A.M. 2006. Jangan Hanya Smack Down. Republika, edisi 5 Desember.
Littlejohn, Stephen W. 2005. Theories of Human Communication, eighth edition. Belmont: Thomson
Learning Inc.
Mc Quail, Denis. 1994. Teori Komunikasi Massa, Suatu Pengantar, edisi kedua. Penerjemah Agus
Dharma dan Aminuddin Ram. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Murdock, dan Golding. 1992. “Culture, Communications and Political Economy”, dalam Mass Media
and Society, Ed. James Curran and Michael Gurevitch. London, New York, Melbourne,
Auckland: Edward Arnold.
Nugroho, Bimo. 2006. Media Indonesia, Edisi 6 Desember.
Rakhmat, Jalaluddin. 1985. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remadja Karya.
Rivers, William L., Jay W. Jansen, Theodore Peterson. 2003. Media Massa dan Masyarakat Modern,
edisi kedua. Penerjemah Haris Munandar dan Dudy Priatna. Jakarta: Prenada Media.
Rusadi, Udi. 1996. Efek Agenda Setting Media Massa, Telaahan Teoritis, dalam Jurnal Penelitian dan
Komunikasi Pembangunan Badan Litbang Penerangan No. 36.