Analisis Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Jumlah Kunjungan pada Situs E-Commerce di Indonesia Menggunakan Uji T Berpasangan
Main Article Content
Abstract
Pada masa Pandemi COVID-19 ini pemerintah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan laju penyebaran virus Corona di Indonesia. Pembatasan ini mengakibatkan masyarakat menjadi tidak bebas untuk bepergian dan berkegiatan. Kondisi ini memicu munculnya kebiasaan baru untuk beradaptasi dengan kondisi yang ada. Kegiatan pemenuhan kebutuhan pokok yang sebelumnya dilakukan dengan belanja secara langsung berubah menjadi tidak langsung (online). Pemenuhan kebutuhan pokok dengan online ini membutuhkan e-commerce. E-commerce adalah kegiatan jual dan beli barang secara elektronik. Dengan perubahan perilaku masyarakat tersebut maka penelitian ini akan melihat apakah ada perbedaan kunjungan pada situs e-commerce di Indonesia. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data kunjungan website sebelum dan selama pandemi COVID-19. Data diolah dengan bantuan software JASP. Pengujian data menggunakan uji perbedaan rata-rata t-tes untuk sampel berpasangan. Hasilnya adalah terdapat perbedaan rata-rata kunjungan website sebelum pandemi COVID-19 dan selama pandemi Covid 19. Pandemi COVID-19 berpengaruh terhadap jumlah kunjungan website e-commerce. Shopee dan Tokopedia merupakan situs e-commerce yang mengalami peningkatan jumlah kunjungan selama masa pandemi COVID-19. Dampak peningkatan kunjungan situs e-commerce ini adalah terjadi peningkatan transaksi keuangan secara online, permintaan jasa ekspedisi yang meningkat, kebutuhan bahan untuk mengemas barang meningkat, dan peningkatan kebutuhan tenaga kerja pada jasa ekspedisi.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
References
Ayu, Sandra, and Ahmad Lahmi. 2020. “Peran E-Commerce Terhadap Perekonomian Indonesia Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Kajian Manajemen Bisnis 9 (2): 114. https://doi.org/10.24036/jkmb.10994100.
Ekasari, Melati Arum. 2020. Industry Roundtable Surviving The Covid-19, Preparing The Post, Logistics Industry Perspective. MarketPlus.Inc.
Harahap, Dedy Ansari. 2018. “Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus.” JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia 9 (2): 193–213. https://doi.org/10.21009/jrmsi.009.2.02.
Išoraitė, Margarita, and Neringa Miniotienė. 2018. “Electronic Commerce: Theory and Practice.” IJBE (Integrated Journal of Business and Economics) 2 (2): 73. https://doi.org/10.33019/ijbe.v2i2.78.
Khan, Abdul Gaffar. 2016. “Electronic Commerce: A Study on Benefits and Challenges in an Emerging Economy.” Type: Double Blind Peer Reviewed International Research Journal Publisher: Global Journals Inc 16 (1).
Kurtz, Martin. 2016. Introduction to E-Commerce: Combining Business and Information Technology. BookBoon. bookboon.com. https://irp-cdn.multiscreensite.com/1c74f035/files/uploaded/introduction-to-e-commerce.pdf.
Kusumatrisna, Adam Luthfi; Rozama, Nia Anggraini; Syakilah, Adriyani; Wulandari, Vera Citra; Untari, Rima; Sutarsih, Tri. 2020. Statistik E-Commerce 2020. Vol. 148. Badan Pusat Statistik.
Laming, Syamsidarti. 2020. “Tren E-Commerce Pada Era Pandemi COVID-19.” Jurnal Penelitian Humano.
Majchrzak-Lepczyk, Justyna, and Martina Blašková. 2019. “Value for the Customer in the Logistics Service of E-Commerce” 2035 (26): 223–39. https://doi.org/10.1007/978-3-319-91668-2_12.
Montolalu, Chriestie, and Yohanes Langi. 2018. “Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer Dan Teknologi Informasi Bagi Guru-Guru Dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test).” Jurnal Matematika Dan Aplikasi d’CARTESIAN 7 (1): 44. https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113.
Permana, Alvin Edgar, Arvy Muhammad Reyhan, Hidayattul Rafli, and Nur Aini. 2021. “Analisa Transaksi Belanja Online Pada Masa Pandemi.” Jurnal TEKNOINFO 15 (1): 32–37.
Pradana, Mahir. 2015. “Klasifikasi Jenis-Jenis Bisnis E-Commerce.” Jurnal Neo-Bis 9 (2): 32–40.
Sampson, Mark A. Goss. 2019. Analisis Statistik Menggunakan JASP Buku Panduan Untuk Mahasiswa JASP v. 0,11. Vol. 2. https://doi.org/10.6084/m9.figshare.9980744.
Supratman, Lucy Pujasari, and Mochammad Rachmansyah. 2020. “Peran Media Instagram Dalam Memasarkan Produk Fashion Dollies.” Jurnal Studi Komunikasi Dan Media 24 (1): 73. https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2865.
Taher, Ghada. 2021. “E-Commerce: Advantages and Limitations.” International Journal of Academic Research in Accounting Finance and Management Sciences 11 (1): 153–65. https://doi.org/10.6007/IJARAFMS.
Insights, Iprice; Peta e-commerce Indonesia-Telusuri Persaingan Toko Onine di Indonesia, data Q4 diperbaharui 9 Februari 2021, https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/ diakses 21 Mei 2021 jam 13.01 WIB
Dinisari, Mia Chitra. 2020. E-commerce Dorong Perekonomian Indonesia, selama Pandemi Covid-19. Bisnis.com. diakses 17 September 2021 jam 17.15. https://ekonomi.bisnis.com/read/20200417/12/1228750/e-commerce-dorong-perekonomian-indonesia-selama-pandemi-covid-19-