Pemanfaatan Media Sosial dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Ketenagakerjaan Di Kalangan Angkatan Kerja Muda Pada Masa Pandemi COVID-19

Main Article Content

Parulian Sitompul
Dede Mahmudah
Marudur Pandapotan Damanik

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak kepada ekonomi global dan dirasakan khususnya bagi bidang ketenagakerjaan di Indonesia. Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa angkatan kerja muda merupakan kelompok yang paling rentan merasakan dampak tersebut. Penyebaran informasi ketenagakerjaan sejak lama telah banyak dilakukan melalui media sosial. Sehingga angkatan kerja muda sebagai generasi Z yang akrab dengan teknologi informasi, diyakini semakin aktif dalam menggunakan media sosial untuk memenuhi kebutuhan informasi ketenagakerjaan terutama di masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, kajian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan media sosial dengan pemenuhan kebutuhan informasi ketenagakerjaan dikalangan angkatan kerja muda, khususnya di masa pandemi Covid-19. Berdasarkanuses and gratification theory (UGT), kajian ini dilakukan melalui pendekatan kuantitatif untuk menguji hipotesis yang diajukan. Melalui uji koefisien korelasi peringkat Spearman – rho terhadap data yang dikumpulkan dari 400 responden, didapatkan hasil bahwa pemanfaatan media sosial memiliki hubungan yang sangat kuat dengan pemenuhan kebutuhan informasi ketenagakerjaan di kalangan angkatan kerja muda pada masa pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil tersebut diharapkan informasi ketenagakerjaan yang disebarkan melalui media sosial dapat terus terjaga nilai kebenaran dan kebaruannya, sehingga khalayak dapat memanfaatkan informasi dan pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia dapat kembali bangkit setelah dihantam pandemi.

Article Details

Section
Articles

References

APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019-2020-Q2. https://apjii.or.id/survei

Ashrianto, P. D., & Yustitia, S. (2020). The Use of Social Media in Searching for Information about Papua. Jurnal The Messenger, 12(2), 122. https://doi.org/10.26623/themessenger.v12i2.1939

Bagus P, A., N, A., Fathin, A., Ranggajati, A., W, A. D., S, D. R., Wijayanti, R., & W., Y. M. (2020). Melindungi Pekerja Rentan di Masa (dan Pasca) Pandemi Covid-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

BPS. (2021a). Booklet Sakernas : Survei Angkatan Kerja Nasional Fungsi Statistik Ketenagakerjaan. Badan Pusat Statistik.

BPS. (2021b). Keadaan Angkatan Kerja Di Indonesia Februari 2021. Badan Pusat Statistik.

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2020). VALIDITAS DAN RELIABILITAS ALIDIT AN RELIABILIT PENELITIAN. https://doi.org/10.31219/osf.io/tr4m7

Fatmawati, E. (2015). Kebutuhan Informasi Pemustaka Dalam Teori Dan Praktek. Info Persada, 13(1), 1–12.

Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren penggunaan media sosial selama pandemi di indonesia. Jurnal Professional FIS UNIVED, 7(2), 13–23.

Hossain, M. A. (2019). Effects of uses and gratifications on social media use. PSU Research Review, 3(1), 16–28. https://doi.org/10.1108/prr-07-2018-0023

Husnul, N. R. I., Prasetya, E. R., Sadewa, P., Ajimat, & Purnomo, L. I. (2019). STATISTIK DESKRIPTIF (Issue 1). https://doi.org/10.1007/978-3-662-48986-4_2900

Karunia H, H., Ashri, N., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial : Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 92–104. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.187

Muttaqin, M. (2019). Internet Usage Behavior of the ICT Young Workforce in the Border Region. Journal Pekommas, 4(1), 11. https://doi.org/10.30818/jpkm.2019.2040102

Nadella, N., & Rahadi, D. R. (2020). Pengembangan Kompetensi Di Masa Pandemi COVID 19. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(1), 72–83. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i1.167

Nasution, M. (2020). Ketenagakerjaan Indonesia : Menghadapi Pandemi, Menjelang Bonus Demografi. Pusat Kajian Anggaran Badan Keahlian DPR RI, 1–14.

Ngadi, N., Meliana, R., & Purba, Y. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Phk Dan Pendapatan Pekerja Di Indonesia (the Impact of Covid-19 on Worker Layoffs and Income in Indonesia). Jurnal Kependudukan Indonesia, 2902, 43–48. http://ejurnal.kependudukan.lipi.go.id/index.php/jki

Nia, L., & Loisa, R. (2019). Pengaruh Penggunaan New Media Terhadap Pemenuhan Kebutuhan (Studi Tentang Media Sosial Facebook Dalam Pemenuhan Informasi di Kalangan Ibu Rumah Tangga). Prologia, 3(2), 489. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6393

Novianti, E., Ruchiyat Nugraha, A., Komalasari, L., Komariah, K., & Rejeki, S. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Penyebaran Informasi Program Pemerintah (Studi Kasus Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran). AL MUNIR : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 11(1), 48–59. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/almunir/article/view/1499/1120

Nugroho, S., Akbar, S., & Vusvitasari, R. (2008). Kajian Hubungan Koefisien Korelasi Pearson (r), Spearman-rho (?), Kendall-Tau (?), Gamma (G) , dan Somers. GRADIEN : Jurnal Ilmiah MIPA, 4(2), 372–381. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/gradien/article/view/279

Nurul, F., & Zalmi, H. (2017). Pemenuhan kebutuhan informasi dalam perkumpulan kaum suku Jambak Dt . Maruhun Basa Kabupaten Agam. 2(2), 219–230. https://doi.org/10.15548/shaut.v9i2.120

Oktaviani, M. A., & Notobroto, H. B. (2014). Perbandingan Tingkat Konsistensi Normalitas Distribusi Metode Kolmogorov-Smirnov, Lilliefors, Shapiro-Wilk, dan Skewness-Kurtosis. Jurnal Biometrika Dan Kependudukan, 3(2), 127–135.

Ozili, P. K., & Arun, T. (2020). Spillover of COVID-19: Impact on the Global Economy. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3562570

Putra, Y. S. (2017). Theoritical Review : Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti, 9(2), 123–134. https://doi.org/10.52353/ama.v9i2.142

Ratya, M. P. (2018). Lewat Medsos, Kemnaker Perluas Informasi Ketenagakerjaan. https://news.detik.com/berita/d-3988669/lewat-medsos-kemnaker-perluas-informasi-ketenagakerjaan

Rohmah, N. N. (2020). Media Sosial Sebagai Media Alternatif Manfaat dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses And Gratification). Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 1–16. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jail/article/view/2957/1905

Rosini, R., & Nurningsih, S. (2018). Pemanfaatan media sosial untuk pencarian dan komunikasi informasi kesehatan. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 14(2), 226. https://doi.org/10.22146/bip.33844

Saleh, G., & Pitriani, R. (2018). Pengaruh Media Sosial Instagram dan WhatsApp Terhadap Pembentukan Budaya “Alone Together.” Jurnal Komunikasi, 10(2), 103–114.

Suharto. (2015). Hubungan Daya Tanggap Terhadap Loyalitas Pelanggan menggunakan rank spearman. 51–63.

Suparmo, L. (2017). Uses and Gratifications Theory dalam Media Sosial WA (WhatsApp). Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 27–37. https://doi.org/10.21009/communicology.062.02

Whiting, A., & Williams, D. (2013). Why people use social media: a uses and gratifications approach. Qualitative Market Research: An International Journal, 16(4), 362–369. https://doi.org/10.1108/QMR-06-2013-0041