Tipe Penelitian Eksploratif Komunikasi

Main Article Content

Bambang Mudjiyanto

Abstract

Penelitian tipe eksploratori, bertujuan memperdalam pengetahuan dan mencari ide-ide baru  mengenai suatu gejala tertentu, untuk merumuskan masalah secara lebih terperinci atau mengembangkan hipotesis bukan menguji hipotesis. Informasi WHAT  yang diperlukan sangat longgar, fleksibel, dan tidak tersruktur, sampel penelitian relatif sedikit, analisis data primer lebih bersifat kualitatif. Hasil akhir umumnya dilanjutkan dengan penelitian bersifat deskriptif atau eksplanatif

Article Details

Section
Articles

References

Ardial, 2014. Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Bajari, Atwar. 2015. Metode Penelitian Komunikasi: Prosedur, Tren, dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga.

Lin, Nan. 1976. Foundations of Social Research. New York: MacGraw-Hill Book Company.

Malhotra, Naresh K. Marketing Research, An Applied Orientation. New Jersey: Prantice Hall, 1993.

Martono, Nanang. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Neuman, W. Lawrence. 2000. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approach, 4th ed. Boston: Allyn and Bacon.

Patton, Michael Quinn. 1991.Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Umar, Husein. 2002. Metode Riset Komuniikasi Organisasi: Sebuah Pendekatan Kuantitatif, Dilengkapi dengan Contoh Proposal dan Hasil Riset Komunikasi Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. 2009. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rochaety, Eti, dkk. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis: Dengan Aplikasi SPSS. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Silalahi, Ulber. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Singh, Kultar. 2007. Quantitative Social Research Methods. New Delhi: Sage Publication.

Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama.

Supranto. 1978. Metode Riset: Aplikasinya dalam Pemasaran. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Vredenbregt, Jacob. 1978. Metode dan Teknik Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.

Vredenbregt, Jacob. 1985. Pengantar Metodologi untuk Ilmu-ilmu Empiris. Jakarta: Gramedia.