RADIO SIARAN DAN KHALAYAK (Survei Masyarakat Kota Merauke Terkait Radio PRO 2 FM RRI Merauke)

Main Article Content

Rukman Pala

Abstract

ABSTRACT
The background of this research is the phenomenon of FM usage by radio industries in Indonesia.This research focuses on Radio PRO 2 FM RRI in Merauke. This one triesto focus on audience in Merauke district, that is Karang Indah village. The radio phenomenon is content of Radio programs in PRO 2 FM RRI in Merauke. The relationship with audience is about motivation and aspiration variables. By non-probability-sampling survey, this one shows that most of audiences are eager to listen to program of Pro 2 FM RRI in Merauke. But, respondents have a great aspiration to listen to Radio Pro 2 FM RRI. In the elaboration, it shows that those two variables are assumed to have a relationship. Statistically, the alpa value is 0, 05.
Key words : Radio Program,; Audiences; Format; interest; Aspiration.

ABSTRAK
Dilatar belakangi fenomena penggunaan saluran FM oleh industri radio siaran di Indonesia, penelitian ini difokuskan pada fenomena praktik Radio PRO 2 FM RRI Merauke. Dalam pemfokusan tersebut, penelitian ini mencoba mengaitkannya dengan khalayak di salah satu kelurahan di distrik Merauke, yaitu Kelurahan Karang Indah. Fenomena radio yang jadi fokus studi yaitu menyangkut program isi siaranRadio PRO 2 FM RRI Merauke. Keterkaitannya dengan khalayak terbatas menyangkut fenomena variabel minat dengar dan variabel aspirasi. Melalui metode survey non probability sampling, temuan menunjukkan bahwa sebagian besar responden berminat dengar kecil terhadap siaran Pro 2 FM RRI Merauke. Namun responden itu banyak yang beraspirasi besarterhadap Radio Pro 2 FM RRI. Hasil elaborasi mengenai variabel minat dengar dengan variabel aspirasi yang diasumsikan ada keterkaitannya, secara statistik memang terdapat signifikansi pada alpa 0,05.
Kata-kata kunci : Radio siaran ; khalayak; format; minat ; aspirasi.

Article Details

Section
Articles

References

Echols, John N., Shadily, Hassan. (1987). Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta : Gramedia.

Handoko, Martin.(1995). Motivasi-Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta : Kanisius.

Husaini, M., Noor Hs, M.(1978). Himpunan Istilah Psikologi. Jakarta : Mutiara.

Imran, Hasyim Ali.(2014). Pengantar Filsafat Ilmu Komunikasi. Jakarta : Grasindo.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.(2013). Data Statistik Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Jakarta.

Kertapati, Ton.(1984). Manajemen Penerangan. Jakarta : Bina Aksara.

Larson, Charles U.(1986).Persuasion-Reception and Responsibility. California : Wadswoorth Inc.

Morissan. (2008). Manajemen Media Penyiaran, Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Jakarta : Kencana.

Rakhmat, Jalaluddin.(1989). Psikologi Komunikasi. Bandung : Remadja Karya.