Peran Layanan Over-The-Top (OTT) pada Konsumen Musik Ilegal

Isi Artikel Utama

Agatha Gita Putuhena
Irwansyah Irwansyah

Abstrak

Musik adalah hiburan yang digemari hampir semua orang, untuk itu musik banyak dicari. Harga yang mahal dan akses yang sulit untuk mendapatkan musik secara legal membuat pembajakan marak terjadi, bahkan menjadi kebiasaan masyarakat yang sulit untuk diubah dengan cepat. Layanan Over-The-Top(OTT) streaming audio/video hadir sebagai alternatif lain untuk memerangi kebiasaan konsumsi musik secara ilegal. Harga yang murah, user friendly, kuantitas musik yang lengkap, dan kualitas musik yang baik menjadi faktor mengapa layanan ini banyak digandrungi dan populer sekarang. Hadirnya layanan ini berdampak untuk penurunan jumlah konsumen musik ilegal dan berpotensi untuk menurunkan tingkat pembajakan secara signifikan.

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Aguiar, L. (2017). Let the music play? Free streaming and its effects on digital music consumption. Information Economics and Policy, 41, 1–14. https://doi.org/10.1016/j.infoecopol.2017.06.002

Alshenqeeti, H. (2014). Interviewing as a Data Collection Method: A Critical Review. English Linguistics Research, 3(1). https://doi.org/10.5430/elr.v3n1p39

Bhawan, M. D. (2018). Consultation Paper on Review of Policy of Forbearance in Telecom Tariff. Telecom Regulatory Authority of India.

Borja, K., & Dieringer, S. (2016). Streaming or stealing? The complementary features between music streaming and music piracy. Journal of Retailing and Consumer Services, 32, 86–95. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.06.007

Borja, K., Dieringer, S., & Daw, J. (2015). The effect of music streaming services on music piracy among college students. Computers in Human Behavior, 45, 69–76. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.11.088

Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Third Edit). United States of America: SAGE Publications, Inc.

Daugherty, T., Eastin, M. S., & Bright, L. (2013). Exploring Consumer Motivations for Creating User-Generated Content. Journal of Interactive Advertising, 8(2), 16–25. https://doi.org/10.1080/15252019.2008.10722139

Frith, S. (1998). Performing Rites: On the Value of Popular Music. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Godlovitch, I., Kooterink, B., Marcus, J. S., Nooren, P., Esmeijer, J., & Roosendaal, A. (2015). Over-the-Top (OTTs). Policy Department A: Economic and Scientific Policy. https://doi.org/10.2861/706687

Goncalves, V., Evens, T., Alves, A., & Ballon, P. (2014). Power and control strategies in online video services. In Proceedings of the 25th European regional conference of the international telecommunications society(ITS) (pp. 22–25). Belgium.

Green, W., & Lancaster, B. (2006). Over-the-Top Services. Pipeline Publishing, 4(7). Retrieved from http://www.pipelinepub.com/1207/pdf/Article_3.pdf

IFPI. (2019). Global Music Report 2019; State of The Industry. ifpi.org. https://doi.org/10.1080/10920277.2000.10595929

Liputan6.com. (2019). Bekraf ingin Layanan Video Juga Untungkan Produsen Film. Liputan6.Com. Retrieved from https://www.liputan6.com/bisnis/read/3903651/bekraf-ingin-layanan-video-juga-untungkan-produsen-film

Morville, P., & Rosenfeld, L. (2006). Informastion Architecture for the World Wide Web (Third Edit). USA: O’Reilly Media, Inc.

Moyler, A., & Hooper, M. (2009). Over The Top TV (OTT TV) Platform technologies. BCi Ltd. and Endurance Technology Ltd.

PT Republik Solusi. (2015). Rencana Pengembangan Industri Musik Nasional 2015-2019. Retrieved from http://indonesiakreatif.bekraf.go.id/ikpro/wp-content/uploads/2015/07/Rencana-Pengembangan-Musik-Nasional.pdf

republika.co.id. (2018). Layanan Streaming Kurangi Pembajakan di Indonesia? Republika.Co.Id. Retrieved from https://www.republika.co.id/berita/senggang/musik/17/12/31/p1t1ii284-layanan-streaming-kurangi-pembajakan-musik-di-indonesia.

Shin, J., Park, Y., & Lee, D. (2016). Strategic management of over-the-top services: Focusing on Korean consumer adoption behavior. Technological Forecasting and Social Change, 112, 329–337. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2016.08.004

Williams, D., & Lee, N. (2018). Emotion in Video Game Soundtracking. Springer. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-319-72272-6