AKTIFITAS KOMUNIKASI DAN INFORMASI MELALUI INTERNET (Survai pada Masyarakat Kota Makassar, Kecamatan Biringkanaya,Kelurahan Paccerakkang)
Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRACT
Background of this research is to study phenomenon of communication activities and public
information by individuals associated with many current alternatives in respect of ICT development,
this study focuseson that phenomenon according to four indicators. By survey method, study concludes
that E-mail is a very familiachannel among community. Based on the distribution, frequentcy of
accessing a web page, respondents are divided into two group : respondents who do not and very
often. Respondents who answered frequently access Internet using email media. All respondents
recognized web page once they access. Proportion of the most accessed web pages are like Facebook,
Yahoo mail, or news portal. Related how frequently access web pages related to the interests of the
move to communicate and informed the web pages are the most frequently accessed Facebook
Webpage. Other Webpage relatively dominant frequently accessed is Yahoo mail. While other web
pages that are relatively widely accessible web page like Yahoo Messenger, News Portal, Google
Mail, and Youtube. Overall, majority of community members have scores were related communication
activities and information via internet. Respondents low scores indicate significance even though few
in number. Furthermore, respondents who had high scores is still relatively small.
Keywords: Communication Activity ; Information; Internet.
ABSTRAK
Berlatarbelakangkan keinginan mempelajari fenomena aktifitas komunikasi dan informasi yang
dilakukan individu masyarakat berkaitan dengan banyaknya alternatif saat ini sehubungan dengan
perkembangan TIK, penelitiaan ini fokus nmempelajari fenomena dimaksud menurut empat indikator.
Dengan menggunakan metode survai, penelitian ini menyimpulkan bahwa E-mail merupakan saluran
yang relatif sudah sangat akrab di kalangan anggota masyarakat. Secara dikotomistik, tingkat
keseringan responden dalam mengakses halaman web terbagi menjadi dua, antara responden yang
“tidak pernah dan Sangat sering”. Responden lebih dominan sering mengakses internet dengan
frekuensi sering melalui saluran email. Semua halaman web diakui responden pernah mereka akses.
Proporsi pengakses terbanyak yaitu seperti halaman web Face Book; Yahoo mail ; atau Portal Berita;
Terkait dengan tingkat keseringan mengakses halaman web dalam kaitan kepentingan beraktifitas
untuk berkomunikasi dan berinformasi, halaman web yang paling sering diakses adalah Web Page
Face Book. Web page lainnya yang relatif dominan sering diakses Yahoo mail. Sementara halaman
web lainnya yang relatif signifikan jumlah responden yang sering mengakses yaitu seperti Yahoo
Messenger; Portal Berita-Google Mail ; dan Youtube. Secara over all, sebagian besar anggota
masyarakat masih berskor sedang terkait aktifitas komunikasi dan informasinya melalui internet.
Responden berskor rendah meskipun tidak banyak namun jumlahnya cukup berarti. Responden
berskor tinggi jumlahnya masih relatif sedikit.
Kata-kata kunci : Aktifitas Komunikasi dan Informasi; Internet.
Rincian Artikel
Referensi
Imran, Hasyim Ali, 2013. “Pola Penggunaan Media Komunikasi “, dalam JSKM 17 (1) 2013. Jakarta.
BPPKI Jakarta, Badan Litbang Kemkominfo RI.
Levy, Mark dan Sven Windahl. 1985 “The Concept of Audience Activity”, dalam Rosengren, Werner
dan Palmgreen (eds) Media Gratification Research. Beverly Hill Sage, Hal 109-122.
Rakhmat, Jalaluddin, 1991:134, Metode Penelitian Komunikasi, Remaja Rosdakarya, CV, Bandung.
Rita Chemaly. 2010. Aktivis Dunia Maya : Dari Peselancar Internet Menjadi Aktor Internet.
http://www.commongroundnews.org/article.php?id=28719&lan=ba&sp=0 Diakses pada 28
Januari 2010. 15.40 WIB.
Singarimbun, Masri, dan Sofian Effendi (editor), 1989. Metode Penelitian Survai. Edisi Revisi,
Jakarta, LP3ES.
http://www.exampleessays.com/viewpaper/32010.html
http://www.merriam-webster.com/dictionary/Internet
http://www.yourdictionary.com/internet
TekMom's Tech Buzzwords, dalam : http://www.tekmom.com/buzzwords/zdinternet.html
Kompas, 1 November 2007.