Konvergensi Media pada Podcast Radar Jogja Digital dalam Publikasi Berita dan Perluasan Segmentasi Audiens

Isi Artikel Utama

Diyah Ayu Karunianingsih

Abstrak

Gelombang media baru dianggap menjadi momok penggerus media massa cetak. Namun mediamorfosis yang dilakukan media cetak justru membuka peluang untuk bertahan bahkan menjadi media alternatif penyebarluasan berita dengan melakukan kovergensi media memanfaatkan multiplatform. Saat ini tren peminat podcast terus meningkat. Penelitian berusaha membuktikan bahwa podcast membuka ruang bagi media massa untuk menjadi model penyiaran alternatif masa depan yang tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh media penyiaran namun juga media cetak. Penelitian dilakukan untuk menemukan model konvergensi media yang dilakukan podcast Radar Jogja Digital, dan menganalisis strategi perluasan segmentasi audiens melalui podcast Radar Jogja Digital. Penelitian berupa deskriptif kualitatif dengan metode fenomenologi. Hasil penelitian menemukan bahwa podcast Radar Jogja Digital merupakan platform dibawah Media Online Radar Jogja Digital. yang telah menerapkan 3 jenis konvergensi jurnalistik meliputi konvergensi newsroom, konvergensi news gathering, dan konvergensi konten. Podcast Radar Jogja Digital juga telah menerapkan konvergensi kontinum, berupa cross-promotion, cloning, coopetition, content sharing, namun belum sepenuhnya menerapkan full coverage karena keterbatasan sumber daya manusia. Pengembangan podcast Radar Jogja Digital merupakan strategi perluasan segmentasi audiens Radar Jogja, yang awalnya merupakan media massa mainstream cetak. Sasaran segmentasi audiens podcast Radar Jogja Digital adalah generasi milenial dan terbukti pendengar podcast paling banyak dari sisi usia adalah generasi milenial, sementara dari sisi geografi mampu mendapatkan pendengar dalam skop nasional bahkan internasional. Hasil penelitian diharapkan memberi pengetahuan tentang model konvergensi podcast yang dilakukan media cetak, dan dengan konvergensi media yang dilakukan menunjukkan bahwa podcast dapat menjadi media alternatif penyiaran berita yang tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh media penyiaran namun juga media cetak

Rincian Artikel

Bagian
Artikel
Biografi Penulis

Diyah Ayu Karunianingsih, Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC"

Dosen Program Studi Manajemen Produksi Berita Jurusan Penyiaran di Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta. Alumus Diploma 4 Jurusan Penyiaran di Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" dan Master of Art lulusan Program Studi Kajian Budaya dan Media di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Bidang keilmuan yang didalami adalah komunikasi, penyiaran, jurnalistik, media, cultural studies, kajian budaya dan gender

Referensi

APJII. (2019). Laporan Survei Penetrasi dan Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018. Diakses 11 Juni 2020 dari https://apjii.or.id/content/read/104/418/BULETIN-APJII-EDISI-40---Mei-2019

Asyir, A. K., & Nurbaya, S. (2019). Konvergensi Media dan Mediamorfosis : Strategi Digitalisasi Majalah Moeslim Choice dalam Proses Transformasi Basis Kerja. JSJ: Jurnal Studi Jurnalistik, 1(1), 52–67.

Creswell, J. W. (2012). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed (S. Zuhri (ed.)). Pustaka Pelajar.

Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1), 90–104. https://doi.org/10.24198/kj.v1i1.10562

Fidler, R. (2003). Mediamorfosis: Memahami Media Baru. Bentang Budaya.

Geoghegan, M., & Klass, D. (2007). Podcast Sollution The Complete Guide to Audio and Video Podcasting (2nd ed.). Apress.

Hennig, N. (2017). Why Podcasts? - ProQuest. 5–9. https://search.proquest.com/openview/876c1fed1b3e849de84fb398566462bc/1?pq-origsite=gscholar&cbl=37743%0Ainternal-pdf://0.0.1.190/1.html

Hidayat, A. A. N. (2020). Spotify Beri Trik Panen Cuan Bikin Podcast untuk Kreator Konten. Diakses 10 Juni 2020 dari https://bisnis.tempo.co/read/1351074/spotify-beri-trik-panen-cuan-bikin-podcast-untuk-kreator-konten

Hidayat, M. A. (2018). Koran Legendaris Bernas Tutup Gara-Gara Tekor. Diakses 10 Juni 2020 dari https://www.viva.co.id/berita/nasional/1011631-koran-legendaris-bernas-tutup-gara-gara-tekor

Kurniawan, B. (2018). Harian Bernas Yogya Pamit “Pensiun”. Diakses 10 Juni 2020 dari https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3890633/harian-bernas-yogya-pamit-pensiun

Kusuma, S. (2016). POSISI MEDIA CETAK DI TENGAH PERKEMBANGAN MEDIA ONLINE DI INDONESIA. InterAct, 5, 56–71. http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fiabikom/article/view/772

Meisyanti, & Kencana, W. H. (2020). Platform Digital Siaran Suara Berbasis on Demand (Studi Deskriptif Podcast Di Indonesia). Jurnal Komunikasi Dan Media, 4(2), 191–207.

Moleong, L. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Nasrullah, R. (2016). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia) (1st ed.). Kencana.

Newman, N., & Gallo, N. (2019). News Podcasts and the Opportunities for Publishers (Issue December). Diakses 15 November 2020 dari https://reutersinstitute.politics.ox.ac.uk/news-podcasts-and-opportunities-publishers

Nielson.com. (2019). NIELSEN SIAP HADIRKAN TOTAL AUDIENCE MEASUREMENT. Diakses 10 Juni 2020 dari https://www.nielsen.com/id/id/press-releases/2019/nielsen-siap-hadirkan-total-audience-measurement/

Permana, F. Y. (2017). Mempertahankan Pasar Media Cetak Melalui Konten Augmented Reality / Ar. Channel, 5(2), 77–90.

PEW Research Center Journalism & Media. (2019). Audio and Podcasting Fact Sheet. Diakses 10 Juni 2020 dari https://www.journalism.org/fact-sheet/audio-and-podcasting/

Prihartono, A. W. (2016). Surat Kabar & Konvergensi Media (Studi Deskriptif Kualitatif Model Konvergensi Media Pada Solopos). CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 4(1), 105–116. https://doi.org/10.12928/channel.v4i1.4210

Rahmad, M. (2013). Berakhirnya Media Cetak: Tempo Diambang Kebangkrutan? Diakses 11 Juni 2020 dari https://www.kompasiana.com/mrahmad/552e47ac6ea83403398b4570/berakhirnya-media-cetak-tempo-diambang-kebangkrutan

Robertson, J. (2019). How podcasts went from unlistenable to unmissable. Diakses 19 Juni 2020 dari https://www.bbc.com/news/business-49279177

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dam R&D. Alfabeta.

Wahyuningsih, T., & Zulhazmi, A. Z. (2020). Jurnalisme Era Baru (Konvergensi Media Radar Jogja Dalam Menghadapi Persaingan Media). Academic Journal of Da’wa and Communication, 1(1), 76. https://doi.org/10.22515/ajdc.v1i1.2412

Wicaksono, P. (2018). Harian Bernas Tutup, Separuh Karyawan Dipecat. Diakses 10 Juni 2020 dari https://nasional.tempo.co/read/1065239/harian-bernas-tutup-separuh-karyawan-dipecat

Zaenudin, A. (2017). Hikayat Podcast. Diakses 5 Juni 2020 dari https://tirto.id/hikayat-podcast-cufm