TINJAUAN DAN KOMPARASI DESAIN MINUMAN KEKINIAN DENGAN PENDEKATAN SENSORY BRANDING
Isi Artikel Utama
Abstrak
Bisnis waralaba, terutama produk minuman kekinian, inovasi branding dilakukan dengan sensory branding sebagai bagian pemasarannya disertai dengan inovasi maupun penerapan psikologi desain yang sesuai sebagai pembeda antara cabang toko satu dengan lainnya. Desain minuman kekinian sangat penting dalam menciptakan daya tarik visual dan pengalaman sensorik yang memikat konsumen. Sensory branding memanfaatkan indera manusia untuk memberikan pengalaman emosional pada konsumen dalam hal material, skema warna, pencahayaan, display produk, window display hingga interior pada toko. Sensory branding yang akan dikaji dari penelitian ini terutama terkait dengan indera visual dan perasa. Sedangkan dari segi psikologi desain dikaji berdasarkan persepsi konsumen dan tren interaksi sosial manusia di dalamnya. Penelitian ini akan menganalisis desain minuman kekinian dari berbagai merek populer dan membandingkannya berdasarkan elemen sensory branding yang digunakan.Adapun metode penelitian yang digunakan melalui pendekatan kualitatif secara deskriptif dari studi kasus. Oleh karena itu, hasil penelitian ini akan memberikan wawasan yang lebih dalam tentang bagaimana desain minuman kekinian dapat memengaruhi preferensi konsumen dan keputusan pembelian mereka dengan pemaparan temuan sensory branding dan unsur psikologi desain dari waralaba minuman kekinian, terutama hal yang berkaitan dengan citra dari branding interior toko, gaya dan elemen desain, serta visual merchandising sebagai bentuk rekomendasi desain.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.