E-COMMERCE DAN MASYARAKAT PERKOTAAN (Survai Masyarakat Kota Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulsel Tentang Aktivitas e-commerce)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Riset ini fokus pada upaya mengeksplore aktifitas anggota masyarakat dalam kaitan aplikasi e-commerce di internet. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa varian aktifitas responden mencakup enam jenis aktifitas e-commerce. Keenam jenis aktifitas itu umumnya tidak pernah dilakukan oleh bagian terbesar responden. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa aktifitas e-commerce di kalangan responden kelurahan Bentengnge Kecamatan Ujung Bulu Kota Bulukumba ini masih relatif kurang populer. Para pelakunya baru di bawah 40 %. Pengakses informasi komersial jumlahnya paling banyak di kalangan anggota masyarakat. Ada tiga jenis aktifitas e-commerce yang relatif menonjol dilakukan oleh bagian terbesar responden. Ketiga jenis aktifitas dimaksud yaitu aktifitas e-commerce menyangkut Internet banking, Tawarkan produk barang dan Tawarkan produk jasa. Penelitian ini masih terbatas pada upaya mengeksplore tipe aktifitas e-commerce anggota masyarakat. Untuk pelaksanaan riset terkait di masa berikutnya, kiranya perlu menambahkan variabel-variabel lain seperti variabel anteseseden maupun intervening yang diasumsikan dapat mempengaruhi pola responden dalam mengakses atau ber-aktifitas e-commerce.
Rincian Artikel
Referensi
Denny Bagushttp://jurnal-sdm.blogspot.co.id/2009/08/e-commerse-definisi-jenis-tujuan.html-Jurnal Manajemen, Bahan Kuliah Manajemen.
http://www.buleipotan.com/2010/12/e-commerce.html
Levy, Mark dan Sven Windahl. 1985 “The Concept of Audience Activity”, dalam Rosengren, Werner dan Palmgreen (eds) Media Gratification Research. Beverly Hill Sage, Hal 109-122.
Turban, Rainer, Potter. 2006. Introduction to Information Technology. Terjemahan. Jakarta. Salemba Infotek.
(http://www.apapengertianahli.com/2014/09/pengertian-masyarakat-menurut-para-ahli.html).
(http://grindgarage.blogspot.-com/2012/01/masyarakat-perkotaan-dan-masyara-kat.html).