RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI EVALUASI KINERJA DOSEN DALAM PERKULIAHAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN (STUDI KASUS DI STMIK MATARAM)

Lalu Delsi Samsumar

Abstract

Kedudukan dosen sebagai tenaga profesional berfungsi untuk meningkatkan martabat dan peran dosen sebagai agen pembelajaran, pengembang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta pengabdian kepada masyarakat yang berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Berdasarkan hal tersebut diperlukan suatu mekanisme untuk melakukan penilaian kinerja dosen dalam setiap semesternya, di mana kinerja dosen adalah keseluruhan unjuk kerja yang ditampilkan oleh seorang dosen dalam melaksanakan tugas pokok yang dibebankan kepadanya yaitu mengajar. Penilaian kinerja dosen dilakukan dan digunakan sebagai dasar untuk melakukan pembinaan dan pengembangan tugas pokok dosen yaitu mengajar, sehingga terjadi kesesuaian dan keharmonisan antara dosen dan mahasiswa dalam konteks interaksi belajar mengajar.

Langkah penelitian dimulai dengan melakukan identifikasi kebutuhan sistem yang dimodelkan dengan menggunakan proses bisnis, diagram alur sistem, usecase diagram dan activity diagram, dilanjutkan dengan perancangan basis data dan pembuatan aplikasi berbasis web.

Sistem Informasi Evaluasi Kinerja Dosen (SI-Eko) yang dihasilkan akan membuat pengisian kuesioner kinerja dosen oleh mahasiswa menjadi lebih praktis dan hasil akhir yang diperoleh oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) akan memiliki nilai validitas yang lebih tinggi sehingga meningkatkan kinerja LPM dan memudahkan Pimpinan STMIK Mataram dalam mengevaluasi kinerja dosen dalam setiap semester. Sistem ini telah diimplementasikan dan dapat diakses melalui URL http://sieko.stmikmataram.ac.id


Keywords


Sistem Evaluasi Kinerja Dosen, SI-Eko, Evaluasi Kinerja Dosen dalam Mengajar


Refbacks



Indexed by: