SISTEM REKOMENDASI PENCARIAN JODOH SYARIAH MENGGUNAKAN ALGORITMA COSINE SIMILARITY BERBASIS ANDROID

nfn Rismayani, Chandreekha Ummareng, Nurhaeni F

Abstract

Sekarang ini sudah banyak aplikasi – aplikasi pencarian jodoh di internet bahkan telah tersedia di Apps Store / Play Store. Jodoh Adalah bagian dari takdir. Takdir yakni ketentuan Allah yang sudah ditetapkan semasa manusia masih berada didalam rahim, seperti halnya rezeki dan maut. Jodoh kita sudah ditakdirkan oleh Allah, dan ia tidak akan kemana-mana. Tetapi jodoh tidak akan datang kalo tidak dicari. Sama halnya dengan rezeki. Rezeki tidak akan kita dapatkan kalo tidak berusaha. Adapun masalah dalam penelitian tersebut adalah bagaimana membuat sistem rekomendasi pencarian jodoh syariah yang sesuai dengan tuntunan agama islam yaitu ta’aruf dan bagaimana menerapkan algoritma cosine similarity pada sistem rekomendasi pencarian jodoh syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah dengan adanya sistem rekomendasi jodoh syariah tersebut maka para ikhwan dan akhwat dapat dengan muda melakukan pencarian jodoh berdasarkan kecocokan dari biodata dan dengan dengan menerapkan algoritma cosine similarity maka dapat memperoleh keakuratan hasil kecocokan dari biodata ikhwan dan akhwat. Adapun metode yang digunakan adalah algoritma cosine similarity berbasis android, cosine similarity adalah metode untuk menghitung similarity (tingkat kesamaan) antar dua buah objek, kemudian android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Adapun hasil dari penelitian ini adalah dengan adanya system rekomendasi pencarian jodoh syariah maka dapat membantu para ikhwan dan akhwat untuk mendapatkan calon istri/suami berdasarkan kecocokan dari biodata dan pertanyaan – pertanyaan yang telah di jawab oleh ikhwan dan akhwat, selanjutnya berdasarkan pengujian fungsional terhadap sistem maka di peroleh hasil yang valid.

Keywords


Sistem Rekomendasi; Jodoh; Syariah; Algoritma Cosine Similarity; Android


References

L. Hana, Taaruf, Proses Perjodohan ala Islam. Elex Media Komputindo, 2013.

Tafsir Imam Syafi’i. Niaga Swadaya, 2006.

M. Arif, Pemodelan Sistem. Deepublish, 2017.

A. Kadir, Pemrograman Android & Database. Elex Media Komputindo, 2018.

D. N. dan S. Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. Deepublish, 2017.

R. Saptono, H. Prasetyo, and A. Irawan, “Combination of Cosine Similarity Method and Conditional Probability for Plagiarism Detection in the Thesis Documents Vector Space Model,” J. Telecommun. Electron. Comput. Eng. JTEC, vol. 10, no. 2–4, pp. 139-143–143, Jul. 2018.

S. D. Priyani, E. Ripmiatin, and S. Arifin, “Implementation of Cosine Similarity and Time Interval Entropy Method to Identify Bot Spammer Account on Twitter,” ITSMART J. Teknol. Dan Inf., vol. 6, no. 2, pp. 51–57, Feb. 2018.

O. Nurdiana, J. Jumadi, and D. Nursantika, “Perbandingan Metode Cosine Similarity Dengan Metode Jaccard Similarity Pada Aplikasi Pencarian Terjemah Al-Qur’an Dalam Bahasa Indonesia,” J. Online Inform., vol. 1, no. 1, pp. 59–63, Jun. 2016.

J. P. O. Sanusi, L. P. Dewi, and J. Andjarwirawan, “Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Android untuk memberi Rekomendasi Jodoh dengan menggunakan Metode Simple Additive Weighting,” J. Infra, vol. 5, no. 2, pp. 130-136–136, Jul. 2017.

A. Oktavianus and S. Hansun, “Sistem Rekomendasi Lowongan Kerja Dengan Glassdoor Api Dan Metode Simple Additive Weighting,” Tek. Dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 26, Mar. 2018.

R. Rismayani and A. Ardimansyah, “Aplikasi Berbasis Mobile untuk Pencarian Rute Angkutan Umum Kota Makassar Menggunakan Algoritma Depth First Search,” Pekommas, vol. 18, no. 3, Dec. 2015.

R. Rismayani, “Pemanfaatan Teknologi Google Maps Api Untuk Aplikasi Laporan Kriminal Berbasis Android Pada Polrestabes Makassar,” J. Penelit. Pos Dan Inform., vol. 6, no. 2, pp. 185–200, Dec. 2016.

T. T. Hidayat and A. Wardana, “Ta’aruf dan Upaya Membangun Perjodohan Islami pada Kalangan Pasangan Muda Muslim di Yogyakarta,” E-Soc., vol. 7, no. 7, Oct. 2018.

M. Dhamayanti and E. Ronaningrum, “Facebook Sebagai Media Baru dalam Komunikasi Pertemanan dan Perjodohan,” Pros. Konf. Nas. Komun., vol. 1, no. 1, Dec. 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: