PERENCANAAN STRATEGIS KEBUTUHAN PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI KENELAYANAN (STUDI KASUS DESA NELAYAN KABUPATEN SITUBONDO)

Authors

  • putri pradnyawidya sari Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) Surabaya

Keywords:

SWOT, CSF, BSP, portofolio, kenelayanan

Abstract

Kabupaten Situbondo adalah salah satu kabupaten yang memiliki potensi kelautan yang tinggi di Jawa Timur. Melihat potensi tersebut maka profesi sebagai nelayan merupakan profesi yang cukup menjanjikan. Namun masyarakat nelayan serta hasil maritim kabupaten Situbondo perlu menghadapi tantangan dan persaingan global. Pemerintah melalui sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) perlu menjawab keadaan yang dialami oleh masyarakat nelayan ini. Pemanfaatan teknologi informasi dan inovasi perlu diperkenalkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyakarakat nelayan agar dapat bersaing dengan nelayan asing. Karena hal tersebut maka Kemenkominfo, pemerintah daerah dan dinas kemaritiman setempat perlu bersinergi untuk membuat suatu perencanaan strategi pembangunan sistem informasi secara terpadu dan menyeluruh yang bertujuan untuk menetapkan suatu strategi sistem informasi masyarakat nelayan sehingga dapat mengidentifikasi akses sistem informasi apa saja yang diperlukan. Dengan menggunakan analisis SWOT, BSP, CSF dan portofolio maka kajian diharapkan dapat mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan secara spesifik akan teknologi informasi kenelayanan. Dengan memperhatikan pola produktivitas masyarakat nelayan maka hasil dari kajian ini adalah sebuah portofolio perencanaan strategis kebutuhan pembangunan sistem informasi kenelayanan.

Author Biography

putri pradnyawidya sari, Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) Surabaya

BPPKI Surabaya - Eselon 3

References

Badan Litbang SDM Kominfo, Pusat Penelitian dan Pengembagan Aptika dan IKP. “Survei Kebutuhan Informasi Masyarakat di Daerah Perbatasan, Tertinggal, dan Nelayan”, Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembagan Aptika dan IKP, Badan Litbang SDM Kominfo. 2015.

Badan Litbang SDM Kominfo. “Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Melalui Pemanfaatan TIK di Pesisir Pantai Selatan Pulau Jawa”. Badan Litbang SDM kominfo. 2015.

Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) Surabaya. “Penelitian Model Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kalangan Masyarakat Petani dan Nelayan”, Surabaya, BPPKI Surabaya. 2015.

BPS Kabupaten Situbondo, Kecamatan Besuki Dalam Angka 2016

BPS Kabupaten Situbondo, Kecamatan Jangkar Dalam Angka 2016

BPS Kabupaten Situbondo, Kabupaten Situbondo Dalam Angka 2016

Encep Dedi Suhendar, Iwan Sunarya, Dede Syamlawi, Arry Iskandar, Puji Yusuf, Ngatino. 2012. Enterprise Resource PlanningSystem Application and Product in data processing Enterprise Resource Planning (SAP ERP). Teknik Informatika Universitas Suryakancana Cianjur.

IBM, Business Systems Planning (Information System Planning Guide) International Business Machines Corporation, 1981.

Mayadewi, Paramita. “Perencanaan Kebutuhan Pengembangan Sistem Informasi (Studi Kasus : Perpustakaan Daerah Kota XYZ)”, Program Studi Manajemen Informatika Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom.

Maria Chatarina Adharti, Sri Susriyamtini, Suci Paresti, Maria Listiyanti, Sapto Aji Wirantho, Budi Santosa, 2012. “Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Identifikasi Dan Analisis Kebutuhan Lapangan Pada Pengembangan Model Kurikulum Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Berbasis Ekonomi”. Kerjasama Kemdikbud

dengan Kemristek melalui Program PKPP.

Porter, Michael, E, “Competitive Advantage – Creating Sustaining Superior Performance”, New York: The Free Press. 1985

Sipahelut , Michel. Wiryawan, Budy. Wiji Nurani, Tri. “Analisis Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Di Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara”, Mahasiswa program magister sains Mayor Sistem dan Pemodelan Perikanan Tangkap, Sekolah

Pascasarjana IPB.

Ward, Jhon and Pepard, Joe, “Strategic Planning for Information Systems”, John Wiley & Sons, Inc, 2001

http://ristekdikti.go.id/ikan-melimpah-di-laut-kemana-nelayan-kita/Bottom of Form Sutarno

, masyarakat informasi

Downloads

Published

2017-01-12