Analisis User Website Pemerintah Untuk Pengembangan Website Berbasis Citizen Centric

Heri Ristiawan

Abstract

Website pemerintah daerah merupakan strategi e-government dengan sasaran agar masyarakat dapat dengan mudah memperoleh akses informasi. Sebagian besar website Pemerintah berbasis government centric. Metode yang digunakan untuk mengetahui kunjungan website adalah dengan Web Usage Mining (WUM) dan User Experience (UX). Dengan metode tersebut, peneliti dapat melihat motivasi dari online analytycs procces (OLAP) atau pola perilaku dari pengunjung dan apa sebenarnya yang diinginkan warga untuk pengembangan website yang berbasiskan citizen centric. Hasil OLAP dari bulan Maret 2015 hingga Agustus 2015 pada website Pemkot Singkawang  rata-rata perhari 14,6 kunjungan dengan durasi rata-rata 4 menit 7 detik. Geo dan lokasi 97,74 persen berada di Indonesia dan 2,26 berada diluar negeri, akses melalui perangkat desktop sebanyak 2748 pengunjung dan mobile sebanyak 17 kunjungan. Dengan anggaran yang besar dengan kunjungan yang cendrung sepi, perlu strategi menaikan jumlah, lama, halaman,  dan penggunaan perangkat kunjungan dengan meredesain website yang berbasis pelayanan dan kebutuhan masyarakat. Untuk pengembangan website yang berbasis citizen centric perlu memperhatikan penyederhanaan navigasi untuk banyak fitur yang tidak bisa di akses, memperhatikan ukuran teks dan penggunaan kolom pada halaman posting, memaksimalkan Search Engine Optimization (SEO), mengintegrasikan halaman DPRD dan informasi pariwisata, memasukan jejaring sosial untuk berbagi pada website  dan user interface dibuat dengan pendekatan berbasiskan masyarakat

Keywords


E-Government; Web Usage Mining; User Experience; Citizen Centric

Full Text:

PDF

References

Kebijakan dan Startegi Nasional Pengembangan E-Government. http://www.bappenas.go.id/data-dan-informasi-utama/produk-hukum-peraturan-perundangan/inpres/inpres-no3-tahun-2003-tentang-kebijakan-dan-strategi-nasional-pengembangan-e-governmet/. (Diakses, 1 Februari 2015).

Lars Albinsson, Olov Forsgren, M. L. & N. S. 2006. PUBLIC E-SERVICES. A Value Model & Trends Based on a Survey. Vinnova, Swedish.

Statistik Pengunjung Website Pemkot Singkawang. Http://singkawangkota.go.id/singkawang/. (Diakses, 15 Desember 2014)

Zhou, P dan Le, Z. 2007. A Framework for Web Usage Mining in Electronic Government. NanChang, China.

Kamber, M. & Han, J. 2012. Data Mining Concepts and Techniques Third Edition. Massachusetts: Morgan Kaufmann Publishers.

Liu, B. 2007. Web Data Mining. New York : Springer Berlin Heidelberg.

Misra, D. C. & Retd, I. A. S. 2006. Defining e-government : a citizen-centric criteria- based approach by. 1–11. New Delhi.

Gupta, D. N. Citizen-centric Approach for e-Governance. 39–54. New Delhi, India.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. 2002. Kebijakan dan Strategi Pengembangan E- Government. Jakarta.

Urban Sector Development Reform Project. 2010. Buku Panduan Pengembangan Situs Web Pemerintah Daerah. Jakarta.

Srivastava, J., Desikan, P. dan Kumar, V. 2002. Web Mining — Concepts , Applications , and Research.

Heydari, M., Alsaqour, R., Imran, K. & Vaziry, K. 2011. A Weighted Graph Web Usage Mining Method to Evaluate Usage of Websites. Department of Computer Science , Faculty of Information Science and Technology , University.

Tyagi, N. K., Solanki, A. K. & Wadhwa, M. 2010. Analysis of Server Log by Web Usage Mining for Website Improvement. India.).

Accses Log. World Wide Web Consortium (W3C) http://www.w3.org/Daemon/User/Config/Logging.html#AccessLog. (Diakses, 27 September 2015)

Achmat, S. 2009. Web Usage Mining dengan Google Analytics. Jakarta : Universitas Indonesia.

M. Maric. 2011. End user oriented e-Government model. in pp. 1609–1614. IEEE.

Pressman, R. S. 2010. Software Engineering A Practitioner’s Approach (7th Edition). McGraw-Hil

Saffer, D. 2010. Designing for interaction. New Rider : USA.

Focus Groups - How To Run Them. (2006). at. (Diakses, 20 Oktober 2015)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: