MEDIA KOMUNIKASI DALAM MENDUKUNG PENYEBARLUASAN INFORMASI PENANGGULANGAN PANDEMI COVID-19

Authors

  • Syarifuddin Akbar Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan signifikansi pesan yang disampaikan melalui media komunikasi dalam keadaan pandemi. Tuntutan masa pandemi yang berdimensi krisis dalam berbagai lini, menjadikan pemilihan media komunikasi harus lebih hati-hati. Persoalan ini kemudian akan berdampak pada kesalahan informasi yang diterima oleh masyarakat. Oleh sebab itu, pemilihan komunikasi massa sebagai media yang strategis dalam menanggapi berbagai persoalan yang ada dapat menjadi alternatif sebagai sarana edukasi dini yang langsung menyasar terhadap masyarakat luas dengan efektif dan efisien. Bahasan utama dalam penelitian ini berkaitan dengan peran penting komunikasi massa di tengah pandemi COVID-19. Media memiliki peranan yang strategis dalam menanggapi berbagai persoalan yang ada. Bahkan, komunikasi massa dapat menjadi salah satu bentuk edukasi dini yang langsung menyasar terhadap masyarakat luas dengan efektif dan efisien. Bahasan utama dalam penelitian ini yaitu berkaitan dengan peranan penting komunikasi massa di tengah pandemi Covid-19 ini, sebagai bentuk pencegahan dan edukasi dini kepada masyarakat. Media komunikasi memiliki peranan sentral dalam menanggapi pandemi Covid-19 ini. Persoalan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 ini menjadi permasalahan global yang berpotensi memicu adanya tatanan atau rekonstruksi sosial baru, dengan demikian diperlukan adanya komunikasi yang erat antara stakeholder dengan masyarakat dalam menanggapi permasalahan ini.

References

Ernawati. 2017. Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar (A. Dharma & A. Ram (trans.)).Erlangga.

Gusti, 2020. Upaya Program Balai Edukasi Corona Berbasis Media Komunikasi Dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19. JURNAL ABDIMAS KESEHATAN PERINTIS, 2(1),

–24. https://jurnal.stikesperintis.ac.id/index.php/JAKP.

Kudrajat, 2016. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung : PT RemajaRosdakarya Offset

Kurnia, 2020. “Pakar epidemi covid-19 di RI tak akan selesai dalam waktu dekat.” Kompas,accesed 20 Mei 2020. “Kompas”.

https://nasional.kompas.com/read/2020/05/06/16103241/pakarepidemi-covid-19-di-ri-takakan-selesai-dalam-waktu-dekat

Rasyid, 2018. Komunikasi dan Media dalam Penyebaran Informasi Terhadap Khalayak, PT.Rosdakarya.

Soemarjo, 2016. Pendekatan dan Metode Penyebarluasan Informasi pada Masyarakat, Jakarta. PT.Mandar Maju.

Tjakradinata, 2016. “Pengaruh Komunikasi Massa terhadap Khalayak.” SIMBOLIKA, Vol. 4 (1) April (2018) ISSN 2442- 9198X (Print), ISSN 2442-9996 (Online)

Yanita, 2018. Teori komunikasi massa Suatu pengantar. Jakarta: Erlangga, 1987.

Downloads

Published

2021-06-25