KOMUNIKASI VIRTUAL PELAYANAN PUBLIK ALPUKAT BETAWI PADA SUKU DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL JAKARTA UTARA
Abstrak
Penelitian ini membahas mengenai pemerintah DKI Jakarta dalam mengembangkan smartcity government atau tata kelola pemerintah yang baik, transparansi dan akuntabilitas dalam segala bentuk informasi ke masyarakat. Dalam hal ini, Suku Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil mengembangkan adanya program layanan kependudukan yang dilakukan secara virtual, aplikasi ini dinamakan Alpukat Betawi yang merupakan singkatan dari Akses Langsung Pelayanan Dokumen Kependudukan Cepat dan Akurat. Untuk itu, komunikasi virtual sangatlah berpengaruh dalam layanan kependudukan ini karena adanya keterlibatan teknologi untuk mengembangkan program Alpukat Betawi untuk dipergunakan secara baik oleh masyarakat. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui bagaimana komunikasi yang terjadi dalam aktivitas komunikasi dalam pelayanan kepada publik yang dilakukan secara virtual melalui aplikasi Alpukat Betawi untuk mengajukan permohonan kependudukan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif yang akan menjelaskan fenomena smartcity government dalam pemerintah DKI Jakarta. Hasil dari penelitian ini adalah komunikasi yang terjadi secara virtual melalui Alpukat Betawi merupakan salah satu cara dalam meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik, pelayanan publik secara virtual menunjukkan sebagai pengembangan tata kelola pemerintah yang transparansi dalam informasi dan akutanbilitas, untuk mengembangkan smartcity government atau tata kelola pemerintah yang baik dan kualitas dalam pelayanan virtual untuk semakin memudahkan masyarakat dalam menggunakan Alpukat Betawi.
Kata Kunci : Komunikasi Virtual, E-Government, Pelayanan PublikReferensi
BUKU
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.
Suwiknyo, E. (2019, 05 15). Inovasi Maksimal, 3 Kantor Pajak Sabet Penghargaan. Retrieved 03 20, 2020, from Bisnis.com: https://ekonomi.bisnis.com/read
Sinambela, L.P., Dkk. 2011. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara Forman, M. (2005). Using IT to Transform the Effectiveness and Efficiency of Government. Journal E-Government and Information Technology, Pg. 27.
Indrajit, Richardus Eko. (2002). Electronic Government, Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital, Andi Offset, Yogyakarta.
Kase, J. (2010). Perencanaan Strategis Sistem Informasi (SI) Pada Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan. Tesis, Universitas Gadjah Mada.
World Bank. (2002). New Economy Sector Study, Electronic Government and Governance: Lesson for Argentina.
Uchjana, Onong.(2007). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung : Rosdakarya.
JURNAL
Nugraha, Joko Tri.2018. E-Government Dan Pelayanan Publik (Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government Di Pemerintahan Kabupaten Sleman. E-Government Dan Pelayanan Publik.2(1): 32-42.
Hardiyansyah, Hardiyansyah (2018) Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media, Yogyakarta. ISBN 978-602- 7869-71-4
Darmawan, Ikhsan.2011. E-Government : Studi Pendahuluan Di Kabupaten Sragen:E-Government,Local Government.Sragen,ISBN 978-602-96848-2-7
Anggraeni, Muthiara Dwi.2020. RUANG PUBLIK VIRTUAL SEBAGAI PINTU KOMUNIKASI GOVERNMENT TO CITIZEN (Studi Kasus: Perbandingan Media Sosial Pemerintah Kota Yogyakarta dan Surabaya).6(1).Yogyakarta.ISBN 2622-691X
Rahima Aufa,2018. Komunikasi Virtual Pengguna Insta Story (Studi Deskriptif pada Lima Mahasiswa di Universitas Andalas). Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Andalas
Wijaya, Caroline Vinci & Paramitha Sinta, 2019. Komunikasi Virtual dalam Game Online. Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Tarumanegara.
Junep, Annisa Risecha & Frenky,2017. Analisis Komunikasi Virtual Pada Kelompok GAMERS DOTA 2.Garut.ISSN- 2461-0836-1-16.
WEBSITE
Hermawan, R. (2019, 11 20). Dinas Dukcapil DKI Terus Gencarkan GISA. Retrieved 03 27, 2020, from beritajakarta.id: www.beritajakarta.id
JU, K. (2019, 07 03). Kecamatan Tanjung Priok Gelar Sosialiasi GISA. Retrieved 0327, 2020, from utara.jakarta.go.id: https://utara.jakarta.go.id
JU, K. (2020, 02 23). Pengunjung HBKB Jakarta Utara Disosialisasikan Aplikasi Kependudukan Alpukat Betawi. Retrieved 03 27, 2020, from utara.jakarta: https://utara.jakarta.go.id
Nazir, M. (1998). Metode Penelitian. Jakarta: Ghaila Indonesia.
Reza. (2020, 02 23). Sudin Dukcapil Jakut Sosialiasikan Pelayana Online "Alpukat Betawi". Retrieved 03 27, 2020, from beritajakarta.id: http://www.beritajakarta.id
Sipil, D. K. (2018). Statistik Kepadatan Penduduk. Retrieved 03 27, 2020, from kependudukancapil: https://kependudukancapil.jakarta.go.id
Suwiknyo, E. (2019, 05 15). Inovasi Maksimal, 3 Kantor Pajak Sabet Penghargaan.
Retrieved 03 20, 2020, from Bisnis.com: https://ekonomi.bisnis.com/read
Tobing, A. G. (2020, 02 18). 8.935 warga gunakan aplikasi layanan kependudukan alpukat betawi. Retrieved 03 27, 2020, from beritajakarta.id: www.beritajakarta.id