VIRALITAS KONTEN DI MEDIA SOSIAL
Abstrak
Dewasa ini istilah viral menjadi salah satu hal yang selalu dikaitkan dengan konten-konten yang ada di media sosial. Konten-konten yang menjadi viral ini seringkali memiliki daya tarik tertentu yang membuat pengguna media sosial tertarik untuk membagikan ulang (re-share/re-post) konten tersebut. Tulisan ini berusaha untuk menggambarkan apa yang membuat suatu konten di media sosial dapat menjadi viral, dan bagaimana dampak dari viralitas konten tersebut. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif dengan metode pengumpulan data studi literatur. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa budaya sharing konten pengguna media sosial merupakan salah satu alasan yang membuat suatu konten dapat viral di media sosial. Selain itu, konten yang viral memiliki daya tarik emosional yang dapat membuat pengguna media sosial tertarik untuk menduplikasi atau membagikan konten tersebut. Fenomena viralitas konten di media sosial ini memberikan dampak pada aktivitas komunikasi di media sosial, khususnya komunikasi pemasaran.
Kata Kunci: Viral, Media Sosial, Konten, Sharing Behavior
Referensi
Agency, O. (2020a) Facebook by the Numbers: Stats, Demographics & Fun Facts. Available at: https://www.omnicoreagency.com/facebook-statistics/.
Agency, O. (2020b) Instagram by the Numbers: Stats, Demographics & Fun Facts. Available at: https://www.omnicoreagency.com/instagram-statistics/#:~:text=More than 50 billion photos,Location Get 79%25 More Engagement.
Agency, O. (2020c) YouTube by the Numbers: Stats, Demographics & Fun Facts. Available at: https://www.omnicoreagency.com/youtube-statistics/.
Alhabash, S. et al. (2015) ‘To comment or not to comment?: How virality, arousal level, and commenting behavior on YouTube videos affect civic behavioral intentions’, Computers in Human Behavior. Elsevier Ltd, 51(PA), pp. 520–531. doi: 10.1016/j.chb.2015.05.036.
Bene, M. (2017) ‘Sharing Is Caring! Investigating Viral Posts on Politicians’ Facebook Pages During the 2014 General Election Campaign in Hungary’, Journal of Information Technology & Politics. Routledge, 14(4), pp. 387–402. doi: 10.1080/19331681.2017.1367348.
Berger, J. and Milkman, K. L. (2018) ‘Emotion and Virality: What Makes Online Content Go Viral?’, GfK Marketing Intelligence Review, 5(1), pp. 18–23. doi: 10.2478/gfkmir-2014-0022.
Borges-Tiago, M. T., Tiago, F. and Cosme, C. (2019) ‘Exploring users’ motivations to participate in viral communication on social media’, Journal of Business Research. Elsevier, 101(November), pp. 574–582. doi: 10.1016/j.jbusres.2018.11.011.
Cohen, E. L. (2014) ‘What makes good games go viral? the role of technology use, efficacy, emotion and enjoyment in players’ decision to share a prosocial digital game’, Computers in Human Behavior. Elsevier Ltd, 33, pp. 321–329. doi: 10.1016/j.chb.2013.07.013.
DetikInet (2020) Odading Mang Oleh Viral, Begini Lirik Ngegasnya, inet.detik.com. Available at: https://inet.detik.com/cyberlife/d-5178659/odading-mang-oleh-viral-begini-lirik-ngegasnya.
Deza, A. and Parikh, D. (2015) ‘Understanding image virality’, Proceedings of the IEEE Computer Society Conference on Computer Vision and Pattern Recognition, 07-12-June-2015, pp. 1818–1826. doi: 10.1109/CVPR.2015.7298791.
van Dijck, J. and Poell, T. (2013) ‘Understanding social media logic’, Media and Communication, 1(1), pp. 2–14. doi: 10.12924/mac2013.01010002.
Dobele, A. et al. (2007) ‘Why pass on viral messages? Because they connect emotionally’, Business Horizons, 50(4), pp. 291–304. doi: 10.1016/j.bushor.2007.01.004.
Febriawan, B. and Herawati, F. A. (2013) ‘Faktor-Faktor Yang Berperan Pada Digital Agency Dalam Pemilihan Buzzer Di Twitter’, Jurnal Ilmu Komunikasi, pp. 1–19.
Huang, H. et al. (2019) ‘Community-based influence maximization for viral marketing’, Applied Intelligence. Springer, 49(6), pp. 2137–2150.
Kaplan, A. M. and Haenlein, M. (2011) ‘Two hearts in three-quarter time: How to waltz the social media/viral marketing dance’, Business Horizons. ‘Kelley School of Business, Indiana University’, 54(3), pp. 253–263. doi: 10.1016/j.bushor.2011.01.006.
Ketelaar, P. E. et al. (2016) ‘The success of viral ads: Social and attitudinal predictors of consumer pass-on behavior on social network sites’, Journal of Business Research. Elsevier Inc., 69(7), pp. 2603–2613. doi: 10.1016/j.jbusres.2015.10.151.
Kurniadi, M. R. P. (2020) Apa sih arti “viral” yang sebenarnya?, medium.com. Available at: https://medium.com/@mrizkypk/apa-sih-arti-viral-yang-sebenarnya-83061aaf56bd.
Maharani, E. S. (2019) ‘Dominasi Perempuan sebagai Object Visual dalam Digital Influancer’, (September).
Muslimah, S. (2016) Kisah Nama Mukidi yang Lagi Heboh Jadi Bahan Candaan dan Viral, detiknews.com. Available at: https://news.detik.com/berita/d-3284373/kisah-nama-mukidi-yang-lagi-heboh-jadi-bahan-candaan-dan-viral.
Nasrullah, R. (2016) Media Sosial: Perspetif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nelson-Field, K., Riebe, E. and Newstead, K. (2013) ‘The emotions that drive viral video’, Australasian Marketing Journal. Australian and New Zealand Marketing Academy., 21(4), pp. 205–211. doi: 10.1016/j.ausmj.2013.07.003.
Razis, G., Anagnostopoulos, I. and Zeadally, S. (2020) ‘Modeling influence with semantics in social networks: A survey’, ACM Computing Surveys, 53(1). doi: 10.1145/3369780.
Social, W. A. (2020) DIGITAL 2020: INDONESIA. Available at: https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia (Accessed: 1 November 2020).
Taecharungroj, V. and Nueangjamnong, P. (2015) ‘Humour 2.0: Styles and Types of Humour and Virality of Memes on Facebook’, Journal of Creative Communications, 10(3), pp. 288–302. doi: 10.1177/0973258615614420.
Techinasia (2018) Kiat-Kiat Menjalankan Kampanye Giveaway Online. Available at: https://id.techinasia.com/kiat-giveaway-online.
Tribunnews.com (2020) Sosok Sholeh, Pemilik Odading Mang Oleh yang Viral, Jualan 30 Tahun & Disukai SBY Hingga Presiden AS. Available at: https://newsmaker.tribunnews.com/2020/09/17/sosok-sholeh-pemilik-odading-mang-oleh-yang-viral-jualan-30-tahun-disukai-sby-hingga-presiden-as?page=all.
Vallet, D. et al. (2015) ‘Characterizing and predicting viral-and-popular video content’, International Conference on Information and Knowledge Management, Proceedings, 19-23-Oct-2015, pp. 1591–1600. doi: 10.1145/2806416.2806556.
Wilson, R. F. (2000) ‘The six simple principles of viral marketing’, Web marketing today, 70(1), p. 232.
Woods, S. (2016) ‘# Sponsored : The Emergence of Influencer Marketing # Sponsored : The Emergence of Influencer Marketing’, p. 26.