PENGARUH ONLINE SHOP JEJARING SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA IBU RUMAH TANGGA DESA KANEYAN KECAMATAN TARERAN KABUPATEN MINAHASA SELATAN
Abstrak
Globalisasi membuat banyak perubahan dan perkembangan pada teknologi informasi. Teknologi komunikasi dan informasi yang saat ini banyak digunakan adalah internet. Melalui internet orang dapat berkomunikasi dan bertukar informasi dengan mudah tanpa hambatan waktu dan tempat. Saat ini yang sedang diminati oleh masyarakat adalah berbelanja secara online, terdapat banyak situs untuk berbelanja secara online salah satunya adalah jejaring sosial. Saat ini kalangan ibu rumah tangga pun aktif dalam berbelanja online. Jika seseorang membeli barang berdasarkan keinginan tanpa mementingkan kegunaan dan manfaat suatu barang akan membuat seseorang berperilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi yaitu ibu rumah tangga yang pernah berbelanja online melalui jejaring sosial. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 30 responden ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen angket. Analisis data menggunakan analisa korelasi, analisis determinasi, uji Parsial. Dengan bantuan software SPSS 22 IBM. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan antara online shop jejaring sosial terhadap perilaku konsumtif pada ibu rumah tangga Desa Kaneyan Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan dengan Korelasi sebesar 0,333 artinya hubungan rendah tetapi pasti, Determinasi sebesar 0,111 artinya berpengaruh sebesar 11%, dan uji t sebesar 1,870 yang berarti online shop jejaring sosial berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif.Referensi
Antow, A. F. T. (2016). Pengaruh Layanan Online Shop (Belanja Online) Terhadap Konsumerisme Siswa Sma Negeri 9 Manado. Acta Diurna, 5(pengaruh layanan online shop).
Astuti, A. B., Periklanan, P., Negeri, P., & Kreatif, M. (2016). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MEDIA SOSIAL PADA ONLINE SHOP. JURNAL KREATOR, 03(2548–
.
Astuti, E. D. (2013). Perilaku Konsumtif dalam Membeli Barang Pada Ibu Rumah Tangga di Kota Samarinda. Psikoborneo, 1(2).
Budi, R. (2017). PENGANTAR PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI 106 hal. In Jurnal Pendidikan (Vol. 2, Issue 2).
Cahyono, A. S. (2016). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI INDONESIA | Cahyono | Jurnal PUBLICIANA. Jurnal PUBLICIANA, 9(1).
Damayanti, N. A., & Harti. (2014). Pengaruh tingkat keaktifan penggunaan jejaring sosial terhadap perilaku konsumtif siswa SMAN 9 Surabaya dalam berbelanja online. E-Journal Unesa,
(3).
Hasmawati, F. (2018). Manajemen Komunikasi. Al-Idarah, 5(6).
Karyaningsih, R. P. D. (2018). Ilmu komunikasi. In Bandung Rosdakarya.
Khairunnisa. (2014). Dampak Aplikasi Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Dalam Berbelanja Online Di Kalangan Siswa-Siswi SMA Negeri 2 Tenggarong. EJournal Ilmu Komunikasi, 2(4).
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset komunikasi - Rachmat Kriyantono, S.Sos., M.Si - Google Books. Kencana Prenada Media Group.
Onong, U. E. (2017). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. In Komunikasi dalam sebuah organisasi.
Page, K. (2018). Abraham Maslow. In Psychology for Actors.
https://doi.org/10.4324/9781351130950-8
Prisgunanto, I. (2015). Pengaruh Sosial Media Terhadap Tingkat the Effect of Social Media on Confidence Level. Stik, 19(8).
Sutaryo. (2004). Dasar-Dasar Sosiologi. In Rajawali Press.
Triyaningsih. (2011). DAMPAK ONLINE MARKETING MELALUI FACEBOOK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT SL. Triyaningsih Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 11(2).
Zhurofa, H., & Surahmadi, S. (2020). Strategi Komunikasi dalam Pengembangan Promosi Pariwisata di Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap. Jurnal Sosial
Politik Peradaban ….
Zuve, F. O. (2019). STRATEGI BERTUTUR MEDIA ONLINE INDONESIA. Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya, 2.