Pesan Politik di Media Televisi Menjelang Pemilihan Umum 2014
Abstract
Pesta demokrasi yang akan dilaksanakan tahun 2014 mendatang merupakan hak rakyat untuk memilih wakilnya sebagai anggota legislatif dan memilih pemimpinnya di bidang eksekutif yaitu presiden dan wakil presiden. Pemilihan Umum (Pemilu) akan dilaksanakan secara langsung oleh rakyat dan bersifat rahasia. Saat ini partai politik melalui media massa dalam menghadapi Pemilu telah melakukan berbagai kegiatan baik secara terselubung atau terang-terangan. Pesan politik dikemas dan ditayangkan dalam berbagai media elektronik seperti di televisi baik berupa iklan atau acara talk show, yang dipandu langsung oleh host/penyiar dari stasiun televisi penyelenggara. Penayangan iklan dan acara talk show di televisi dianggap lebih efektif oleh partai politik dalam menyebarkan pesan ke masyarakat, mereka mengharapkan penonton dapat memilihnya dalam Pemilu 2014 mendatang.References
Buku:
Ali, Novel. (1999). Peradaban Komunikasi Politik, Potret Manusia Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nimmo, Dan. (2001). Political Communication and Public Opinion and America. (Komunikasi Politik, khalayak dan Efek). Penerjemah Tjun Surjatman. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamad, Ibnu. (2007). Konstruksi Realitas Politik Dalam Media Masa, Sebuah Studi Critical Discourse Analysis terhadap Berita-berita Politik. Jakarta:Yayasan Obor Indonesia.
Littlejohn, Stephen W., Karaen A Foos. (2008). Theories of Human Communicvation.Thomson Wadswort: Belmont.
Kaid, Lynda Lee. (2004). Handbook of Political Communication Research. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
Reilly, Susan Smith. (1997). Geo-Politic Media and Public Sphere, dalam Paletz, David L. (ed), Politik Communication: Approaches, Studies, and Assessments, Volume II, Norwood. New Jersey: Ablex Publishing Corporation.
Jurnal:
Rusadi, Udi. (2012). Talk Show Isu Publik Di Televisi Dan Dinamika Demokrasi. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media. Vol. 16 No. 1. hal. 17-25.
Internet
Gayatri, Gati. (2012). Efek Iklan Politik dalam Media Massa Terhadap Perilaku Memilih dalam Pemilu. Jurnal Ilmiah Komunikasi Massa. Tersedia dalam , diakses tanggal 11 September 2013.
Milana R.(2010). Pesan-pesan politik. Tersedia dalam <http://allcommunication.blogspot.com/2010/12/pesan-pesan-politik.html>. diakses tgl 11 September 2013.
Surat Kabar:
Eisy, Ridlo Muhammad (2013). Media dan Pemilu 2014. Surat Kabar Harian Pikiran Rakyat, tanggal 29 Oktober 2013. hal 28.