Stereotip, Bahasa, dan Pencitraan Perempuan pada Iklan dalam Perspektif Budaya Populer

Authors

  • Sapta Sari Universitas Sangga Buana – YPKP Bandung

Abstract

Di balik kemasannya yang bagus, iklan memberikan banyak hal yang bisa kita pelajari, termasuk isu perempuan di dalamnya seperti eksploitasi, objek kekerasan, gaya hedonisme, konsumtif, bahasa, pencitraan, stereotip. Sekilas tidak ada yang salah dalam setiap tayangan iklan di televisi, semuanya menayangkan produk yang akan dijual ke pasaran. Namun, ada hal-hal sensitif yang tersembunyi dalam sebuah iklan, terutama iklan yang menggunakan perempuan sebagai modelnya. Iklan tidak hanya memunculkan produk yang diiklankan, memunculkan sosok perempuan dengan segala stereotip yang melekat dalam diri perempuan, memunculkan penggunaan bahasa iklan yang menguatkan konstruksi iklan, tetapi juga bisa memunculkan berbagai pencitraan di dalamnya. Penulis akan melihat bagaimana iklan dapat membentuk stereotip dalam masyarakat mengenai dunia perempuan.

References

Bungin, Burhan. (2011). Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana

Bovee, Courdand L. (1995). Advertising Excellence. New York: McGraw-Hill

Eco, Umberto. (1992). Sebuah Pengantar Menuju Logika Kebudayaa,dalam Panuti Sudjiman, dan Aart Van Zoest, Serba-Serbi Semiotika. Jakarta: Gramedia

Fowles, Jib. (1996). Advertising and Popular Culture. London: Sage Publication

Fridolin, Iwan. (1993). Kita gesek Biola Sementara Rumah Kita Terbakar, dalam Prisma. Jakarta: LP3ES.

Heryanto, Ariel. (1996). Bahasa dan Kuasa: Tatapan Postmodernisme, dalam Bahasa dan Kekuasaan, Politik Wacana di Panggung Orde Baru. Bandung: Mizan.

Jefkins, Frank. (1996). Advertising (Periklanan). Jakarta: Airlangga.

Kasali, Rhenald. (1995). Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Liliweri, Alo. (1992). Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Littlejohn, Stephen W.(1999). Theories of Human Communication, 6th Edition. USA: Wadsworth Publishing Company, Belmont.

Ogilvy, David. (1987). Pengakuan Orang Iklan. Jakarta: Pustaka Tangga.

Sudjiman, Panuti dan Zoest, Aart V. (1992). Serba-Serbi Semiotika. Jakarta: Gramedia.

Tomagola, Tamrin Amal. (1998). Citra Wanita dalam Iklan, dalam Majalah Wanita Indonesia; Suatu Tinjauan Sosiologis Media”, dalam Ibrahim, Idi Subandy dan Suranto, Hanif, (ed)., Wanita dan Media: Konstruksi Ideologi Gender dalam Ruang Publik Orde Baru. Bandung: Rosda.

Vestergaard, Torben dan Schroder, Kim. (1989). The Language of Advertising. New York: Basil Blackwell.

Williams, Raymond. (1993). Advertising: The Magic Sistem, dalam Simon During, The Cultural Studies Reader. London: Routledge.

Fifiana, Friscillia. (2010). Representasi Citra Perempuan dalam Iklan Clear Soft and Shiny Versi “Sandra Dewi”. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi. Surabaya: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Nanik Ismiani (1997). Estetika dan Mitos Perempuan . Tersedia dalam diakses tanggal 4 Maret 2012.