Pencitraan Politik Daring: Strategi Memenangkan Massa Digital Menjelang Pemilu 2014

Authors

  • Dudi Rustandi Fakultas Komunikasi (Humas) Politeknik LP3I Bandung

Abstract

Menurut Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2014, pengguna internet di Indonesia akan mencapai 107 jutaan. Jumlah ini menjadi salah satu potensi bagi peserta Pemilu baik secara lembaga ataupun individu dalam menjaring massanya melalui media baru. 100 juta massa tersebut akan diperebutkan oleh calon-calon yang akan berlaga di pentas politik nasional untuk Pemilu presiden. Oleh karena itu, para calon yang akan maju pada pencalonan presiden melakukan pencitraan politik digital. Pencitraan dilakukan melalui berbagai taktik: fanpage, twitter, blog, publikasi media online arus utama, dan media sosial lainnya. Melalui tulisan ini, penulis akan melakukan analisis dengan melakukan penelusuran informasi digital (literasi) bagaimana setiap bakal calon presiden melakukan pencitraannya melalui media daring. Dari literasi yang dilakukan, salah satu calon cenderung kuat pada satu saluran media daring tertentu tetapi lemah di media daring lain. Begitu juga sebaliknya, namun dari 14 calon yang ada, Pramono Edie dan Megawati merupakan calon yang paling lemah merek politik daringnya dibandingkan dengan calon lain karena tidak membangun saluran komunikasi melalui media-media daring yang ada seperti website, twitter, official fanpage, termasuk juga media arus utama online.

References

Buku:

A. Christakis, N., dan H. Flower H. (2010). Connected, Dahsyatnya Kekuatan Jejaring Sosial Mengubah Hidup Kita.

Breakenridge, Deirdre .(2001).Cyberbranding, Brand Building in The Digital Economy. United States of Amerika: Prentice Hall PTR.

Firmanzah. (2012). Marketing Politik, Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Kotler, Philip dkk. (2010). Marketing 3.0, Mulai dari Produk ke Pelanggan ke Human Spirit. Jakarta: Erlangga.

Meyers, H., dan Gerstman, R. (Ed). (2001). Branding @ The Digital Age. New Yorks:Palgrave.

Nimmo, Dan .(2006). Political Communications and Public Opinion and America (Penerjemah Tjun Surjaman). Bandung: Mizan.

Rustandi, Dudi .(2013). Modul Cyber Public Relations. Bandung: Politeknik Lp3i.

Wheleer, Alena. (2009). Designing Brand Identity: An Essential Guide for the Entire Branding Team. New Jersey. John Wiley & Sons, Inc., Hoboken.

Wasesa, Agung Silih. (2011). Political Branding & Public Relations. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wasesa, Agung Silih, dan Macnamara, J. (2010). Strategi Public Relations, Membangun Pencitraan Berbiaya Minimal dengan Hasil Maksimal. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Internet:

APJII. (2013). Grafik Pengguna Internet. Tersedia dalam <http://www.apjii.or.id/v2/upload/content/statistik/grafik-pengguna-internet.jpg> Diakses tanggal 05 Oktober 2013.

Basuki, Sulistyo .(2013). Literasi Informasi dan Literasi Digital. Tersedia dalam <http://sulistyobasuki.wordpress.com/2013/03/25/literasi-informasi-dan-literasi-digital/>. Diakses tanggal 14 Oktober 2013.

Gatra.com (2012). Politicawave: 60% Percakapan di Sosmed Soal Jokowi. Tersedia dalam <http://www.gatra.com/politik-1/39531-politicawave-60-percakapan-di-sosmed-soal-jokowi.html> diakses tanggal 15 Oktober 2015.

Kabarbisnis.com. (2013). Bisnis iklan media internet diramal segera lampaui televisi. Tersedia dalam <http://kabarbisnis.com/read/2840662> Diakses tanggal 05 Oktober 2013.

Politicawave.com. (2013). Aher-Deddy Kuasai Jejaring Sosial. Tersedia dalam <http://politicawave.blogspot.com/2013/06/politicawave-aher-deddy-kuasai-jejaring.html#more> Diakses tanggal 15 Oktober 2013.

______________ (2013). Pemilihan Presiden Nasional 2014. Tersedia dalam <http://politicawave.com/nasional> Diakses tanggal 15 Oktober 2013.

_____________ (2013). Alex – Ishak Pimpin Sumsel. Tersedia dalam <http://politicawave.blogspot.com/2013/06/politicawave-alex-ishak-pimpin-sumsel.html> Diakses tanggal 15 Oktober 2013.

Tempo.co. (2013). Belanja Iklan TV Terus Naik. Tersedia dalam <http://www.tempo.co/read/news/2013/06/13/090487954/Belanja-Iklan-TV-Terus-Naik> Diakses tanggal 05 Oktober 2013

Published

2013-12-24