Pengaruh Aktivitas di Media Sosial Terhadap Rutinitas Blogger Sumatera Barat
Main Article Content
Abstract
Keberadaan blog sebagai salah satu new media yang berkembang pesat seiring dengan kemajuan teknologi informasi, kian hari tak lagi bergaung seperti di awal-awal kemunculannya. Para penggiatnya (blogger) lebih banyak eksis di media sosial, sehingga blog-nya pun tak lagi terurus dan minim posting-an tulisan. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan pemilik blog di media sosial terhadap rutinitas mereka dalam menulis di blog. Objek penelitian dilakukan pada komunitas blogger Sumatera Barat dimana sampelnya diambil berdasarkan purposif sampling dengan jenis non probabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rutinitas menulis di blog tergantung blogger bersangkutan dan tidak bisa dikaitkan dengan aktivitas mereka di media sosial.
Article Details
The proposed policy for journals that offer open access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
References
Ardianto, E. (2011). Metodologi Penelitian untuk Publik Relations, Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Asmawi & Ningroem. E. R. (2013) Pengaruh Twitter Bagi Prilaku Remaja dalam Interaksionisme Simbolik di Kota Padang. Proceeding International Conference on Communication and Culture in South East Asia Region. Universitas Andalas, Padang: 584-632
Blood, R. (2000). Weblogs: a History and Perspective. http://www.rebeccablood.net/essays/weblogs_history.html. 4 November 2013 (19:07).
Hadi, S. (1989). Statistik 2. Andi Offset. Yogyakarta.
Juditha, C. (2011). Hubungan Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook Terhadap Perilaku Remaja di Kota Makassar. Jurnal Penelitian IPTEK-KOM 13 (1): 1-23.
Kriyantono, R. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Maleong, L. J. (1991). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Max, M. (2008). Refleksi Jelang 1 Tahun Palanta. http://maryulismax.wordpress.com/2008/12/15/refleksi-jelang-1-tahun-palanta. 4 Januari 2014. (15:45)
Merdeka.Com. (2013). Kecanduan Facebook, Fenomena Lain Jejaring Sosial. http://m.merdeka.com/teknologi/kecanduan-facebook-fenomena -lain-jejaring-sosial-sisi-hitam-jejaring-sosial.html. 4 Januari 2014 (12:15).
Morissan & Wardhany, A. C. (2009). Teori Komunikasi. Ghalia Indonesia. Bogor.
Nasution, E. (2004). Apa itu Blog? http://enda.goblog.media/pages/apa-itu-blog.html. 4 November 2013 (19:15).
Nugraha, P. (2013). Jangan Sepelekan “Berita Baru” yang Dibuat Warga Biasa! http://media.kompasiana.com/new-media/2013/08/19/jangan-sepelekan-berita-baru-yang-dibuat-warga-biasa-582209.html. 4 November 2013 (22:13).
Nugraha, R. P. (2013). Pengaruh New Media Terhadap Perkembangan Cyber Society. Prosiding Seminar Besar Nasional dan Kongres ISKI VI Padang, 681-686.
Nuraryo, I. (2013). Peran Sosial Media dalam Mendorong Pemuda untuk Berpartisipasi pada Pemilu 2014. Prosiding Seminar Besar Nasional dan Kongres ISKI VI Padang, 306-312.
Nurudin. (2012). Tuhan Baru Masyarakat Cyber di Era Digital. Aditya Media Publishing. Jakarta
Padang Ekspres. (2013). Komunitas Blogger Palanta Promosikan Padang di Dunia Maya. 6 Juli 2013. Halaman 8. Padang.
Posmetro Padang, (2007). Palanta, Komunitas Blogger Kota Padang. 31 Desember 2007. Halaman 6. Padang.
Putra, B. (2005). Apa itu Blog? http://thegadget.wordpress.com/apa-itu-blog. 4 November 2013 (19:11).
Rahkmat, J. (2009). Psikologi Komunikasi. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Rohim, S. (2009). Teori Komunikasi, Perspektif, Ragam & Aplikasi. Rineka Cipta. Jakarta.
Singgalang. (2007). Palanta Hadir di Padang. 31 Desember 2007. Halaman 14. Padang.
Suryana, Oya & MataMaya Studio. (2008). Membangun Blog Wordpress. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
Setyanto, Yugih & Loisa, R. (2013). Pemilih Pemula, Media Sosial dan Pemimpin Low Power Distance. Prosiding Seminar Besar Nasional dan Kongres ISKI VI Padang, 99-104.
Suprapto, T. (2006). Pengantar Teori Komunikasi. Media Pressindo. Yogyakarta.
Wibowo, I. S. W. (2013). Pemimpin, Komunikasi Politik dan Pengaruh Sosial Media. Prosiding Seminar Besar Nasional dan Kongres ISKI VI Padang, 71-78.
West, R & Turner, L. H. (2007). Introducing Communication Theory: Analysis and Aplication, 3rd ed. Mc Graw Hill. New York. Terjemahan Maria Natalia Damayanti Maer. Pengantar Teori Komunikasi, Analisi dan Aplikasi, Edisi 3. 2008. Salemba Humanika. Jakarta.
Zamroni, M. (2009). Filsafat Komunikasi. Graha Ilmu. Yogyakarta.